Cara Mengobati Penyakit Gusi Berdarah


Dengan tanpa disadari, saat ini banyak yang terjangkit penyakit gusi berdarah. Banyak juga yang memandang sepele tentang penyakit tersebut. Padahal, penyakit tersebut mampu membuat gigi tak lagi kuat. Tak ada salahnya mengunjungi dokter gigi minimal 6 bulan sekali, agar gigi dan gusi sehat terawat.

Mengapa Gusi Berdarah?

Banyak hal yang menjadi penyebab gusi berdarah.  Beberapa penyebabnya adalah karang gigi dan plak, jarang memakan buah terutama yang mengandung vitamin C, penyakit kelainan darah seperti leukemia, jarang berkunjung ke dokter gigi, sehingga menyebabkan kesehatan gigi dan gusi tak terkontrol dengan baik.

Empat cara efektif mencegah gusi berdarah, yaitu rajinlah menggosok gigi dua kali sehari terutama sebelum tidur, gunakanlah sikat gigi yang lembut sesuai anjuran dokter, perbanyak mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, mangga dan  jambu klutuk, dan kunjungi dokter gigi secara rutin.

Jika tidak diatasi secepatnya, maka gusi berdarah akan menyebabkan berbagai penyakit, gusi bisa membengkak bahkan bisa menanggalkan gigi. Tentu, Anda tidak mau mengalami ompong pada usia muda? Oleh karena, gusi berdarah menyerang siapapun tanpa mengenal usia.  Kesehatan mulut harus memerlukan perhatian extra agar bisa tetap terawat.

Cara Mengobati

Salah satu cara mengobati gusi berdarah adalah dengan mengobatinya dengan menggunakan ramuan tradisional. Anda bisa menggunakan tiga lembar dauh sirih yang sudah dicuci bersih kemudian direbus. Gunakan airnya untuk kumur-kumur sehari tiga kali, tentu saja harus diimbangi dengan mengkonsumsi buah jambu klutuk juga menyikat gigi secara teratur.

Anak-anak juga mudah terserang penyakit pada mulut. Oleh karena makanan dan kebiasaan buruk Gusi berdarah pada anak.

Tips merawat gusi agar tidak menjadi penyakit gusi berdarah, di antaranya:

  • Gantilah sikat gigi Anda dengan menggunakan bulu halus atau sesuai dengan sikat gigi yang dokter rekomendasikan.
  • Sikat gigi dua kali sehari secara teratur, setelah makan dan sebelum tidur, dan hindari juga makan yang manis-manis.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung  vitamin C seperti, jeruk, jambu klutuk dan mangga.
  • Rajinlah mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Tips ini sangat mudah dipraktikkkan, tak ada salahnya untuk Anda coba.

Selanjutnya : Kejuaraan Bulutangkis yang Sering Dipertandingkan
Sebelumnya: Download Software untuk Membuat Laptop Menjadi Piano
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar