Penyakit Kanker Disebabkan oleh Rokok


Peringatan rokok itu berbahaya sudah berulang kali kita dengar, tetapi masih saja banyak yang merokok. Padahal banyak penyakit yang ditimbulkan akibat rokok, misalnya kanker paru-paru. Kanker paru-paru merupakan sebuah penyakit kanker disebabkan oleh rokok. Meskipun jelas menyebabkan kanker paru, tetap saja orang terus merokok.

Dalam kemasan rokok atau iklan rokok selalu dicantumkan merokok berbahaya bagi kesehatan dan janin, tetapi seolah itu tidak berarti apa-apa buat para pecandu rokok. Banyak sekali alasan yang mereka jadikan dalih supaya tetap merokok. Memang untuk jangka pendek dampak rokok terhadap kesehatan kita belum terasa, tetapi dalam jangka waktu lama dampaknya baru terasa.

Rokok selain menyebabkan penyakit kanker juga bisa mengganggu kesehatan orang lain. Jangan dikira perokok aktif saja yang lebih rentan dengan penyakit kanker paru ini, justru perokok pasif lebih rentan. Perokok pasif adalah orang yang terterpa asap rokok dari perokok aktif. Mengapa bisa demikian? Selain dalam batang rokok yang mengandung racun, asap yang dihasilkan dari hisapan rokok juga mengandung racun.

Racun dalam bentuk asap ini lebih berbahaya dari asap yang dihirup oleh perokok aktifnya. Bila sudah menyebar di udara akan bereaksi membentuk senyawa yang berbahaya bagi kesehatan. Salah satu racun yang ada dalam sebatang rokok adalah nikotin. Zat nikotin ini sangat berbahaya bila mengendap dalam jangka waktu yang lama dalam organ tubuh kita.

Mengapa paru-paru yang menjadi salah satu organ yang rentang dengan zat nikotin ini? Karena paru-paru tempat sirkulasi udara yang kita hirup. Bila udara yang kita hirup mengandung zat nikotin. Otomatis zat ini akan mengendap perlahan di paru-paru. Dalam jangka waktu panjang endapan racun ini bisa mengotori paru-paru kita, bahkan sampai menghitam.

Orang yang mengalami batuk yang berkepanjangan bisa jadi mengidap kanker paru-paru ini. Gejala awal kanker paru-paru ini adalah batuk berkepanjangan mirip dengan TBC. Tetapi, TBC dengan kanker paru-paru tentu saja berbeda. Kanker berarti sudah menyebar dalam bentuk sel di paru-paru kita, bila terlambat ditangai akan berakibat fatal.

Berdasarkan uraian singkat tersebut, sebaiknya memang kita harus menjauhi rokok dari kehidupan kita. Peliharalah organ paru-paru Anda dari akibat racun dalam rokok. Semoga ulasan mengenai penyakit kanker disebabkan oleh rokok bisa membuat kita semakin mawas diri. Mari, jauhkan rokok.

Selanjutnya : Resep Membuat Spageti yang Lezat
Sebelumnya: Sosiologi Politik Terbaru Di Abad 21
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar