Penyakit Kelainan Eritrosit Berbentuk Bulan Sabit Adalah Sickle Cell Disease


Penyakit kelainan eritrosit berbentuk bulan sabit adalah sickle cell disease atau penyakit sel darah bulan sabit. Sel darah merah atau eritrosit merupakan sel darah dalam tubuh manusia yang berfunsgi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Di dalam sel darah merah terdapat hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Sel darah merah umumnya berbentuk bulat dan terpisah satu sama lain.

Namun demikian, ada pula sebagian orang memiliki kelainan dalam sel darah mereka. Di antaranya adalah kelainan bentuk sel darah merah sehingga bentuknya menyerupai bulan sabit. Sel darah merah yang berbentuk bulan sabit memiliki sel yang tidak normal, lengket, kaku, dan selnya mudah hancur.

Sickle Cell Disease merupakan penyakit keturunan. Suami dan istri yang keduanya memiliki gen dengan kelainan sel darah merah bulan sabit kemungkinan besar akan menurunkan penyakit tersebut kepada anaknya. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan karena bersifat genetik. Namun demikian, seseorang yang memiliki kelainan sel darah merah sabit dapat melakukan berbagai cara agar dapat mengontrol sel darah merahnya agar tidak cepat rusak. Sel darah merah yang cepat rusak akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Bentuk sel darah merah sabit yang tidak sempurna menyebabkan sel tersebut hanya menyediakan sedikit sel darah merah yang sehat. Dengan begitu, penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pun akan terhambat. Selain itu, sel darah merah sabit berisiko terjebak di dalam pembuluh darah kecil sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat atau lambat. Hal tersebut menyebabkan penderita akan mudah lelah, sering terjadi pembengkakan di kaki dan tangan, sering terkena infeksi, pertumbuhan terhambat, serta memiliki masalah kulit dan penglihatan.

Risiko terburuknya adalah penderita dapat mengalami stroke, sindrom dada akut, dan sulit bernapas. Meskipun tidak dapat disembuhkan, namun penderita penyakit perlu perawatan khusus. Perawatan tersebut dilakukan untuk mengendalikan anemia dan mengurangi gejala yang timbul. Penderita penyakit ini juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas berlebihan hingga menimbulkan kelelahan. Hal tersebut disebabkan pasokan oksigen dalam tubuh yang tidak Penderita juga harus senantiasa menjaga agar hemoglobin dalam darah tidak menurun.

Selanjutnya : Manfaat Makan Pisang untuk Kulit dan Bagian Tubuh lain
Sebelumnya: Hal yang Tidak Disukai Semut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar