Mengenal Jenis Penyakit Kelamin Perempuan

Penyakit kelamin menjadi salah satu hal yang merisaukan kaum perempuan. Biasanya, penyakit kelamin perempuan disebabkan oleh bakteri, kuman, atau virus.

Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang harus diwaspadai dan segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang sering dialami oleh perempuan.

Loading...

1.    Keputihan

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri gonorrhea dan chlamydia. Biasanya, perempuan mengalami keputihan karena tertular dari pasangannya melalui hubungan seksual yang telah terjangkit bakteri gonorrhea dan chlamydia.

Keputihan bisa mengakibatkan infeksi yang berlangsung selama beberapa hari, bahkan beberapa minggu.

Gejala keputihan terkadang hanya dirasakan sedikit oleh perempuan atau bahkan tidak terasa sama sekali. Namun, apabila dibiarkan terus-menerus, penyakit ini bisa mengakibatkan kemandulan bagi perempuan.

Penyakit ini bisa diatasi dengan menggunakan antibiotik atau berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kelamin.

2.    Herpes

Penyakit herpes pada perempuan biasanya disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh pasangan ketika melakukan hubungan seksual. Gejala yang dirasakan dari salah satu jenis penyakit kelamin yang menyerang perempuan ini biasanya muncul antara 3 hingga 10 hari setelah berhubungan intim.

Gejala awalnya adalah timbul luka lecet di bagian tubuh tertentu yang kemudian terbuka dan mengeluarkan air. Ini biasanya berlangsung dalam 5 sampai 10 hari.

Herpes sebenarnya bisa diobati dengan obat antibiotik tertentu. Namun, penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total, antibiotik hanya mematikan virus untuk sementara. Sewaktu-waktu, penyakit ini bisa timbul lagi.

3.    Infeksi Jamur

Salah satu penyakit kelamin yang cukup menganggu perempuan adalah infeksi jamur. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang membuat rasa gatal dan menyebabkan kemerahan pada alat vital.

Selain itu, cairan putih kental yang juga menyebabkan rasa gatal biasanya akan keluar dari lubang vagina. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur ini dapat diobati dengan krim antijamur, namun sebaiknya atas petunjuk dokter.

4.    Vaginitis

Penyakit vaginitis adalah jenis penyakit kelamin perempuan yang ditandai oleh gejala inveksi dari bakteri pada vagina dan menyebabkan keluarnya cairan dari dalam alat vital perempuan.

Cairan ini berbau tidak sedap dan membuat tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Jika Anda terserang penyakit vaginitis, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan obat yang paling tepat untuk menyembuhkannya.

Loading...
Selanjutnya : Harga Meja Biliar dan Modal Pembuatannya
Sebelumnya: Berapa Banyak Budaya di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar