Jenis-Jenis Penyakit Menyerang Tanaman Kelapa Sawit dan Cara Mengatasinya

Penyakit yang menyerang tanaman kelapa sawit bisa membuat para petani menemui masalah seperti gagal panen. Untuk mengatasi masalah tersebut, para petani kelapa sawit harus memiliki pengetahuan mengenai jenis-jenis penyakit tanaman, yang menjadi penyebab dan bagaimana cara penanggulangannya.

Penyakit Tajuk

Penyakit tajuk atau Crown disease dapoxetine natural source dapoxetine tablets order dapoxetine adalah penyakit yang umumnya menyerang tanaman yang masih muda, yaitu yang berumur 1 – 4 tahun. Penyakit tajuk sifatnya genetis artinya ia akan sembuh dengan sendirinya. Adapun yang menjadi penyebab penyakit tanaman ini belum diketahui dengan pasti.

Penyakit tajuk bisa mengakibatkan pertumbuhan generatifnya mengalami keterlambatan. Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit tajuk adalah:

Pada bagian pelepah daun tidak membuka secara sempurna. Pada bagian tengahnya bengkok dan bagian anak daun terputus-putus. Pelepah seringkali menjadi busuk akibat jamur sekunder seperti Phytophthora sp dan Fusarium sp.

Untuk mengatasi masalah penyakit tajuk bisa dengan cara:

  • Memusnahkan bibit yang terkena penyakit.
  • Pemangkasan pelepah kelapa sawit yang terkena penyakit, dengan tujuan agar penyakit tidak menyebar.

order online at usa pharmacy! purchase zoloft . express delivery, generic zoloft alcohol. Penyakit Busuk Pupus

Penyakit busuk pupus atau Spear rot disease, merupakan penyakit yang menyerang kelapa sawit yang masih muda. Gejala tanaman apabila terkena penyakit ini adalah:
buy cheap lioresal, order lioresal online, lioresal intrathecal, buy cheap baclofen , generic baclofen , baclofen price , baclofen tablets .

  • Gejala awalnya memperlihatkan daun menjadi layu, kering berwarna coklat agak keabu-abuan kemudan daun akan terlepas dari pangkalnya.
  • Daun pupus yang sudah busuk dapat dengan mudah dicabut, namun kemudian penyakit ini akan menyerag pada titik tumbuh.
  • Gejala selanjutnya kelapa sawit akan mengalami rusak berat. Jika dibor maka akan mengeluarkan cairan yang berbau busuk dan berwarna kuning dan menyebabkan tanaman kelapa sawit mati.

Untuk mengatasi masalah penyakit tersebut dapat dilakukan dengan cara: membuang dan membakar bagian tanaman yang membusuk dan penggunaan fingisida dan antibiotik yang dilakukan selama satu bulan.

best prices for all customers! dapoxetine online kaufen . fastest shipping, levitra with dapoxetine online. Penyakit Busuk Tandan

Penyakit busuk tandan atau Bunch rof adalah penyakit yang disebabkan oleh Cendawan Marasmius Palmivorus sharples yaitu cendawan saprovit yang hidup di sisa-sisa makanan.

Penyakit ini memperlihatkan gejala, seperi: munculnya benang-benang jamur yang berwarna putih yang meluas di permuakan buah. Penyakit ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti :

  • Kelembaban, jarak tanaman
  • buy prednisone online >> high quality, generic prednisone without prescription. cheap prednisone from top pharmacies, order with credit cards, 

  • Bunga jantan sudah membusuk dibiarkan.

Usaha untuk mengatasi penyakit ini adalah bisa dengan kultur teknis ataupun secara kimiawi.

Pertumbuhan dan hasil kelapa sawit bisa mengalami hambatan dan gagal panen bukan hanya disebabkan oleh penyakit namun bisa juga disebabkan karena hama. Agar proses pertumbuhan dan panen sesuai dengan tujuan maka penyebab penyakit menyerang tanaman kelapa sawit harus segera ditangani.

Selanjutnya : Serba Serbi Mengenai Skrip Film Laskar Pelangi
Sebelumnya: Penambahan dan Pengurangan dalam Pelajaran Kelas 1 SD
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...