Penyakit oleh Hama Wereng dan Cara Mengatasinya

Penyakit oleh hama wereng sangat mengganggu para petani di Indonesia. Hama wereng cukup sering merusak tanaman petani yang ada di Indonesia. Disini akan dibahas mengenai hama wereng. Apa itu hama wereng dan bagaimana cara mengatasi hama wereng sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik?

Hama Wereng

Loading...

Apa itu hama wereng? Wereng merupakan nama hewan yang sering merusak tanaman pangan. Wereng termasuk jenis serangga. Serangga wereng dapat menghisap cairan tanaman yang termasuk kepik sejati. Wereng dapat merusak tanaman secara langsung dengan menghisap cairannya. Selain secara langsung, wereng juga dapat menularkan penyakit dari tanaman satu ke lainnya, misalnya virus.

Wereng tak hanya satu jenis, ada beberapa jenisnya. Jenis tersebut dapat dilihat dari penampilan fisik hewan wereng yang berbeda warna. Penyakit oleh hama wereng sesuai dengan jenis-jenis hama wereng itu sendiri. Berikut ini beberapa jenis wereng:

a. Wereng hijau

Wereng hijau merupakan jenis wereng yang sering menyerang tanaman padi. Jenis wereng hijau disebut sebagai penyebar virus tungro. Penyakit tungro sendiri merupakan penyakit tanaman padi yang sering terjadi baik di Indonesia maupun negara Asia lainnya. Tungro sendiri terdiri dari dua virus yang berbentuk batang dan berbentuk bulat. Tanaman padi yang terkena virus tungro ini akan mengalami bercak-bercak, daun berwarna kuning, atau tanaman menjadi kerdil.

b.  Wereng coklat

Wereng coklat dapat merusak tanaman secara langsung, yaitu dengan menghisap cairan tanaman. Tanaman yang terhisap cairannya akan memiliki daun berwarna kuning, kering, dan menyebabkan kematian tanaman. Secara tidak langsung, wereng coklat membawa atau menyebarkan penyakit kerdil pada tanaman padi.

c.  Wereng punggung putih

Wereng punggung putih dikenal sebagai jenis wereng yang sulit dikendalikan. Hal ini disebabkan karena wereng ini memiliki berbagai biotipe dengan kesukaan masing-masing pada kultivar yang juga berbeda.

Mengatasi Hama Wereng

Hama wereng tentu tak bisa dibiarkan begitu saja merusak tanaman yang susah payah ditanam oleh para petani. Bahan-bahan kimiawi memang banyak yang diperuntukkan membasmi hama wereng ini tapi ada juga bahan alami yang lebih ramah lingkungan. Penggunaan bahan alami akan meminimalkan risiko tanaman terkontaminasi bahan-bahan kimia. Salah satu bahan kimia yang dapat digunakan untuk mengatasi hama wereng yaitu daun dan biji sirsak.

Pestisida alami dari buah sirsak ini tidak bertujuan untuk membunuh hama tapi mengurangi hama wereng. Bau yang dikeluarkan daun dan biji sirsak dinilai mampu mengusir hama wereng sehingga tidak mendekat ke tanaman. Pembuatan pestisida alami dari sirsak ini juga tidak sulit sehingga dapat diterapkan oleh petani yang ingin melindungi tanamannya dari penyakit oleh hama wereng.

Loading...
Selanjutnya : Jaco Alat Olahraga, Penyedia Produk-produk Berkualitas
Sebelumnya: Islam dan Studi Kawasan di Asia Tenggara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar