Penyakit Pembuluh Darah Otak Pada Manusia

Penyakit pembuluh darah otak dapat menyerang siapapun. Oleh karena itu sangat penting untuk dapat mempelajari penyebab dan akibat dari penyakit pembuluh darah tersebut. secara umum jika pembuluh darah otak melebar ataupun menyempit, maka akan terjadi penyakit stroke.

Penyakit Stroke

Penyebab terjadinya penyakit pembuluh darah otak atau stroke berawal dari pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, dan masih banyak lagi. Penyakit Stroke dapat menyerang siapa saja, dimana penyebabnya adalah menyempitnya pembuluh darah di otak yang mengakibatkan suplai oksigen menuju ke otak menjadi berkurang sehingga menyebabkan kematian sel syaraf yang ada diotak, sehingga tidak dapat digerakkan syaraf tubuhnya. Secara umum stroke terjadi mendadak dan tidak direncanakan. Namun gejalanya dapat dirasakan, misalnya awaalnya tangan merasa kesemutan tiba-tiba, lalu tidak bisa digerakkan.

Ini merupakan ciri stroke ringan, maka harus segera diperiksakan ke dokter untuk mengetahuinya lebih jelas. Penderita stroke sebagian besar memiliki riwayat merokok, oleh karena itu bagi yang saat ini masih merokok bisa dikurangi jumlahnya secara perlahan dan kemudian berhenti total.

Selain pemicu berbagai penyakit, rokok pun membuat paru-paru menjadi tidak bekerja maksimal, sehingga cenderung orang yang merokok pun kurang berolah raga. Bila olahraga sudah jarang dilakukan bahkan tidak pernah dilakukan lagi, maka resiko terkena stroke akan lebih besar. Selain merokok, juga perlu diperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi,umumnya makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan meningkatkan resiko penyakit stroke.

Pencegahan

Dengan Berhenti merokok dan melakukan olahraga yang teratur akan mengurangi resiko terkena penyakit stroke atau penyakit pembuluh darah. Karena dengan berolahraga sama dengan menjaga agar aliran oksigen yang mengalir dalam darah lancar, tidak tertahan oleh lemak. Upayakan selalu menjaga makanan dengan nutrisi yang cukup dan tidak berlebihan.

Memang usia muda tidak akan kembali, namun jika muda bisa menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat, maka hingga usia lanjut pun dapat menikmati jenis makanan apapun. Sebab bila tidak dijaga pola makannya sejak muda, tidak heran ketika tua banyak makanan yang menjadi pantangan untuk dimakan.

Sebagai contoh penderita darah tinggi sudah tidak dapat lagi mengkonsumsi sayur daun singkong, sayur nangka, dan sejenisnya karena akan mengakibatkan tensi darahnya meningkat dan memicu stroke. Oleh karena itu jika masih ingin menikmati berbagai makanan yang enak, kendalikan jumlahnya agar tidak berlebihan, sehingga mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi hingga stroke. Selain darah tinggi, diabetes pun juga dapat memicu penyakit stroke.

Demikian penjelasan tentang penyebab penyakit pembuluh darah otak pada manusia. Semoga bisa menambah wawasan tentang penyakit yang menyerang bagian otak.

Loading...
Selanjutnya : Langkah-langkah dalam Metode Penelitian Deskriptif Analitis
Sebelumnya: Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Muda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar