Penyakit-penyakit Berbahaya

Penyakit-penyakit berbahaya semakin banyak ragamnya mengikuti perkembangan zaman. Disebut berbahaya karena penyakit-penyakit ini menimbulkan bahaya baik bagi sang penderita maupun lingkungan sekitarnya, bisa mengancam jiwa, membahayakan keamanan lingkungan di sekitar si penderita atau menimbulkan wabah. Jenis penyakit berbahaya secara garis besar terbagi menjadi tiga, yaitu penyakit yang disebabkan virus, penyakit perkembangan abnormal sel tubuh dan penyakit kejiwaan

Penyakit Berbahaya Karena Virus

Mutasi genetis virus, gaya hidup yang tidak sehat adalah faktor-faktor penyebab penyakit yang baru muncul dalam satu dasawarsa terakhir. Contoh penyakit ini adalah :

1. Flu Burung

Flu burung adalah jenis influenza yang disebabkan oleh infeksi virus influenza type A, yaitu H5N1. Influenza type A adalah jenis influenza berbahaya karena menular dengan mudah dan mengakibatkan kematian.

2. HIV-Aids

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus HIV Human Immunodeficiency Virus yang memperlemah sistem kekebalan  tubuh manusia sehingga mudah terserang penyakit dan menimbulkan gejala penyakit yang disebut AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome).

Penularan AIDS terjadi lewat kontaminasi cairan tubuh penderita melalui hubungan seksual terutama bagi yang sering berganti pasangan, penggunaan jarum suntik dan rahim ibu kepada anak yang dikandungnya.

Penyakit Kejiwaan

Penyakit jiwa dapat membahayakan lingkungan sekitarnya karena si penderita menganggap orang-orang di sekitarnya adalah sesuatu yang berbahaya dan harus dilenyapkan. Contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Skizofrenia –ditimbulkan oleh ketidakseimbangan dopamine. Gejala Skizofrenia ditandai dengan munculnya halusinasi, delusi, gangguan pemikiran pada penderita sehingga mempengaruhi kestabilan emosinya
  2. Pyromania – Kelainan jiwa ini sangat berbahaya, karena penderita merasa bahagia luar biasa setelah membakar sesuatu yang ada di sekitarnya.
  3. Psikopat – Penderita bukanlah orang gila namun ia melakukan kejahatan dalam keadaan sepenuhnya sadar dan menikmati hasil “kerjanya”  Seperti pelaku pemerkosaan, pembunuhan berantai, pedofilia.

Penyakit Karena Keadaan Abnormal Tubuh

Penyakit ini tidak disebabkan virus namun sangat membahayakan tubuh si penderita, contohnya adalah sebagai berikut.

  1. Kanker – Menyerang  hampir seluruh organ tubuh baik itu sistem pernapasan, reproduksi, darah dan otak. Pengobatan kanker melalui operasi, biopsi, kemoterapi seringkali tidak memberikan hasil yang memuaskan dan lebih dari 50% penderita, terutama yang telah menderita stadium lanjut tak dapat disembuhkan
  2. Porphyria  (Vampire disease) – Disebabkan oleh meningkatnya kadar Protoporphyrin dalam darah. Penderit porphyria sangat sensitif terhadap matahari, hanya terpapar sedikit sinar kulit tubuhnya bisa melepuh.

Penyakit-penyakit berbahaya tersebut mungkin belum menemukan sistem pengobatan yang dapat menjamin tingkat kesembuhan pasien 100 % namun tidak berarti harus kehilangan semangat untuk hidup selagi masih ada nyawa dikandung badan selama itu pula ada harapan.

Loading...
Selanjutnya : Anak-anak Pemilik Penyakit Indigo
Sebelumnya: Pentingnya Metodologi Ilmiah Dalam Penelitian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar