5 Jenis Penyakit Tumbuhan yang Disebabkan Oleh Jamur

Penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur sangatlah merugikan para petani karena bisa berdampak kualitas tumbuhan yang tidak optimal sehingga mengakibatkan gagal panen. Jamur ternyata tidak hanya menyerang kulit manusia saja. Tumbuhan pun tak luput dari serangannya.

Berikut ini 5 macam penyakit akibat jamur yang menyerang 5 tumbuhan yang berbeda :

Loading...

1. Penyakit Batang Dry Basal Rot

Tanaman kelapa-kelapaan biasanya menjadi lahan empuk terkena serangan penyakit jenis ini. Penyakit yang bersumber dari  serangan jamur “Ceratocyctis Paradoxa” ini membuat tanaman tersebut sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Bukti nyata serangan jamur ini ditandai dengan beberapa gejala yang nampak seperti pelepah kelapa yang rentan rapuh. Tiba-tiba tandan buahnya mulai membusuk padahal sedang dalam masa berbunga.

2. Penyakit Akar Putih

Kini giliran tanaman karet yang menjadi korban dari serangan jamur “Rigidoporus Lignosus” yang mengakibatkan tumbuhnya penyakit akar putih. Meskipun kita kenal tanaman karet termasuk tanaman yang cukup kuat, tumbuhan menjadi tak berdaya saat harus membentengi diri dari ganasnya jamur ini.

Adapun  tanda-tanda penyakit ini sangatlah nampak jelas seperti ada hifa jamur yang menempel pada bagian akarnya. Tanda yang tidak lazim yaitu bunga mulai tumbuh lebih dahulu pada tanaman karet yang masih muda. Ujung  ranting-ranting tanamannya yang tiba-tiba mati, serta daunnya mulai terlihat kusam dan pudar.

3. Penyakit Antraknosa

Jamur Colletotrichum rupanya tidak takut pedas. Buktinya,  tanpa pandang bulu jamur ini pun bisa menyerang tanaman cabai. Akan tetapi, bagian menjadi target utama serangan jamur ini adalah bagian buahnya. Jika sudah positif mengidap penyakit ini, maka buah cabai akan busuk tanpa tersisa sedikit pun.

4. Penyakit Bunch Rot (Busuk Tandan)

Jika kelapa sawit menunjukkan tanda-tanda yang aneh seperti buah kelapa sawit matang luar dalam artinya bagian dagingnya pun ikut-ikutan matang. Ini bukanlah kabar baik karena keadaan kelapa sawit yang seperti itu akan menghasilkan minyak kelapa yang tidak baik dan dapat mempengaruhi harga jualnya. Gejala-gejala diatas adalah untuk memberitahukan bahwa tanaman kelapa sawitnya telah terserang jamur “Marasmius Palmivorus”.

5. Penyakit Daun Bergaris Kuning

Penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur “Fusarium Oxysporum” ini biasanya lebih suka hinggap pada tanaman kelapa, khususnya lagi pada bagian daunnya. Jamur ini mulai melancarkan serangan dan menebarkan bibit-bibit penyakitnya  saat daun kelapa masih dalam keadaan tertutup.

Pantas saja jika jamur ini lebih senang menyerang bibit kelapanya. Akibat yang ditimbulkan, daun kelapa akan terbuka. Keadaan ini tidak normal seperti ada noda-noda kuning pudar  yang berbentuk oval yang mengitari area Konidiofora yang berwarna coklat.

Loading...
Selanjutnya : Menyusuri Nilai Peninggalan-peninggalan Islam di Indonesia
Sebelumnya: Beberapa Penyakit Akibat Limbah Industri di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar