Penyakit yang Berhubungan dengan Metabolisme

Ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Istilah metabolisme digunakan untuk merujuk kepada proses reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk mengubah atau menggunakan energi. Beberapa contoh proses metabolisme adalah sebagai berikut.

  1. Penguraian karbohidrat, protein, dan lemak untuk menghasilkan energy.
  2. Perubahan nitrogen dalam urine.
  3. Penguraian atau perubahan bentuk kimia beberapa zat dalam tubuh agar lebih mudah diserap ke dalam sel.

Jika metabolisme terganggu, maka proses “pekerjaan” di dalam tubuh akan terganggu. Penyakit yang biasa timbul akibat gangguan metabolisme biasanya merupakan penyakit genetik atau diwariskan, namun beberapa terjadi karena kesalahan pola hidup.

Penyebab Gangguan

Gangguan metabolisme genetik dapat berupa cacat gen yang menyebabkan kekurangan enzim yang sangat penting dalam proses metabolisme zat makanan. Cacat gen kebanyakan disebabkan oleh mutasi gen atau seseorang mewarisi gen-gen yang rusak dari kedua orang tuanya.

Jenis-Jenis Penyakit Yang Berhubungan Dengan Metabolisme Tubuh

1. Hiperglikemia atau Glikosuria
Penyakit ini disebabkan oleh gangguan metabolisme karbohidrat. Gangguan metabolisme karbohidrat juga dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada protein dan lemak.

2. Defisiensi protein
Protein merupakan zat yang paling banyak dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang mati atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Gangguan metabolisme protein dapat menyebabkan “stok” protein dalam tubuh berkurang hingga proses degerasi akan terganggu. Difesiensi protein dapat memicu timbulnya penyakit gangguan absorpsi usus atau ginjal.

3. Obesitas, hiperlipemia
Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan kalori yang masuk dan yang digunakan, sehingga menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh. Timbunan lemak ini dapat memicu penyakit lain, seperti hiprtensi, diabetes, dan penyakit jantung, serta kolesterol.

4. Kekurangan zat Lysosomal
Lysosom merupakan celah ruang dalam sel yang bertugas memecah limbah metabolisme. Kekurangan enzim lysosomal dapat menyebabkan penumpukan zat beracun dan memicu timbulnya penyakit lain, seperti berikut ini.

  • Sindrom hurler (struktur tulang abnormal dan keterlambatan perkembangan)
  • Sindrom Niemann-Pick (pembengkakan hati, kesulitan makan dan kerusakan saraf)
  • Kelemahan progresif saraf (kerusakan yang terus berkembang)
  • Penyakit Gaucher (nyeri tulang, trombosit rendah)
  • Gangguan mitokondria yang dapat menyebabkan kerusakan otot.
  • Sindrom Zellweger (fitur abnormal pada wajah, dan kerusakan saraf pada bayi)

Tindakan Pencegahan

  1. Kurangi makanan atau kudapan non nutrisi.
  2. Jika tidak terpaksa jangan mengonsumsi obat kimia yang tidak dapat dimetabolisme dengan baik.
  3. Jika telah terjangkit, lakukanlah diet khusus dan konsultasikan pada dokter untuk kemungkinan mendapat penggantian enzim atau suplemen lain yang dapat memicu produksi enzim.

Demikianlah beberapa penyakit yang berhubungan dengan metabolisme. Semoga dapat menjadi pengingat kita untuk selalu menjaga kesehatan, baik untuk kesehatan kita atau pun keluarga kita.

Selanjutnya : Hadiah Kado Buku untuk Orang Terkasih
Sebelumnya: Kado Apa Ya Buat Teman Ulang Tahun?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...