Penyakit yang Berhubungan dengan Penyumbatan Darah


Penyumbatan pada pembuluh darah harus diwaspadai. Sebab ada beberapa penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan darah. Karena itu, upayakan pembuluh darah dalam kondisi normal, yakni bersih tanpa ada lemak yang mengendap sedikit pun.

Penyumbatan pembuluh darah disebabkan oleh kolesterol LDL (low density lipoprotein). Kolesterol ini dikenal dengan sebutan kolesterol jahat. Lantaran mudah sekali teroksidasi dan membuat terjadinya penyumbatan serta mengakibatkan pembuluh darah kaku. LDL banyak terdapat pada lemak hewani, seperti babi, kambing, dsb.

Di samping itu, ada juga kolestrol HDL (high density lipoprotein). Karena dapat menjadikan pembuluh darah elastis, kolestrol HDL dinamakan kolesterol baik. HDL berfungsi juga untuk mengangkut LDL yang berlebihan dalam darah dan dibuang ke hati.

LDL akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah manakala terjadi reaksi antara LDL dengan radikal bebas. Oksigen adalah salah satu contoh radikal bebas. Oleh karenanya, orang normal sangat tidak disarankan meminum air beroksigen. Sebab bisa meningkatkan kadar radikal bebas dalam darah.

Radikal bebas dapat merusak dinding pada pembuluh darah. Selanjutnya, LDL yang teroksidasi radikal bebas menempel pada dinding pembuluh darah. Lama-lama menyebabkan pembuluh darah menyempit hingga terjadi penyumbatan.

Penyumbatan pembuluh darah juga bisa disebabkan oleh bekuan darah atau disebut trombosis. Dalam hal ini, sel darah putih mengendap pada pembuluh darah yang sudah rusak. Lalu, melepaskan trombin seperti jala yang akan menangkap sel darah merah. Bila gumpalan terlepas bisa menyumbat pembuluh darah otak dan menyebabkan stroke.

Penyakit Akibat Pembuluh Darah

Berikut ini penyakit akibat penyumbatan pembuluh darah.

  • Hipertensi, tekanan darah meningkat.
  • Jantung koroner, jika penyumbatan terjadi pada jantung.
  • Stroke, jika penyumbatan terjadi di otak.
  • Migrain, jika aliran darah ke otak mengalami gangguan.
  • Artropi (otak mengecil), mengakibatkan gangguan motorik serta konsentrasi dan daya ingat menurun.
  • Gangguan penglihatan.

Penyumbatan pembuluh darah dapat diketahui dengan cepat lewat mata seseorang. Bila ada cincin putih di sekitar bola mata, berarti ada gangguan sirkulasi darah. Cincin tersebut sebenarnya endapan lemak pada pembuluh-pembuluh kapiler halus dan membentuk garis putih di sekitar bola mata.

Itulah sederet penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan darah.

Selanjutnya : Haruskah Make-up Pengantin Tebal ?
Sebelumnya: Tips Membuat Mading Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar