Penyakit yang Disebabkan oleh Air


Air memang sangat penting bagi kehidupan manusia, bahkan manusia tidak bisa hidup tanpa air. Namun di balik kegunaannya yang sangat besar, ada juga beberapa penyakit yang disebabkan oleh air. Apa sajakah itu?

1. Campylobacteriosis

Ini adalah penyakit diare yang sangat umum terjadi di Amerika Serikat. Penyakit atau infeksi ini penyebabnya adalah bakteri bernama Campylobacter.

Menifestasi klinis dari penyakit ini adalah kram, diare berdarah, mual, nyeri perut, muntah, serta demam yang terjadi selama 2 sampai 5 hari sesudah adanya paparan organisme. Infeksi ini bisa menyebar pada aliran darah sehingga dapat menyebabkan infeksi yang bisa mengancam kehidupan Anda.

2. Cryptosporidiosis

Disebabkan oleh parasit bernama Cryptosporidium parvum mikroskopis. Parasit itu dilindungi cangkang luar yang bisa bertahan hidup pada luar tubuh bahkan dengan jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu bisa membuat infeksi tersebut tahan terhadap segala desinfeksi klorin. Penyakit ini penularannya adalah melalui air yang juga paling umum terjadi di Amerika Serikat. Selain ditemukan di Amerika, penyakit atau parasit ini juga ada di seluruh dunia. Beberapa orang yang mengalaminya tidak memperlihatkan suatu gejala apapun.

3. Escherichia coli Diare

Dikenal juga dengan nama E. coli diarrheogenic. Penyebabnya adalah bakteri Escherichia coli dengan beberapa sterotipe yang berbeda. Misalnya saja E. Coli O157.  Coli bisa menular melalui air lewat fekal the rute. Sebanyak 2%  dari orang yang menderita penyakit ini bisa menyebabkan kegagalan ginjal serta kematian kepada orang lain yang terinfeksi atau dirinya sendiri.

Sindrom tersebut sering terjadi pada anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun, orang yang memiliki sistem kekebalan lemah, juga orang tua. Pada pasien HIV, penyakit ini menyebabkan diare yang kronis.

4. Gastroenteritis

Penyakit ini dikenal dengan istilah lain yaitu flu perut. Penyebab dari penyakit ini berbagai macam jenis virus contohnya Adenovirus, virus Norwalk, Caliciviruses, Rotaviruses, serta Astroviruses. Gejala dari penyakit atau infeksi ini adalah sakit kepala, muntah, diare berair, kram perut, dan demam.

Gejala-gejala tersebut umumnya terjadi dari hari pertama hingga hari kedua terinfeksinya si penderita, bisa juga dari satu hingga hari ke 10. Tergantung dengan jenis virus yang ikut campur. Bagi bayi, orang cacat, anak muda, dan lanjut usia penyakit ini bisa jadi sangat parah.

Itulah berbagai penyakit yang disebabkan oleh air. Berhati-hatilah dengan lingkungan sekitar Anda, apa yang terlihat baik belum tentu benar-benar baik.

Selanjutnya : Cari Tahu Ramalan Zodiak Untuk Esok Pagi
Sebelumnya: Sumber Hukum Zakat dalam Al Quran tentang Mengelola Zakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar