Mengenal Penyanyi Dangdut Lawas yang Legendaris


Membicarakan penyanyi dangdut lawas pasti kita teringat Rhoma Irama dan Elvi Sukaesih. Dua biduan ini pernah merajai tangga lagu dangdut pada era 70-an hingga 80-an.  Padahal penyanyi dangdut tempo dulu tak hanya dua orang itu. Ada sederet biduan dangdut legendaries yang pernah berjaya pada masanya seperti A Rafiq, yang pernah ngetop dengan lagunya Pengalaman Pertama. Bahkan lagu ini dinyanyikan ulang oleh Slank sebagai soundtrack film Get Married.

Profil Penyanyi Dangdut lawas

Pada awalnya, musik dangdut merupakan percampuran antara musik gambus khas padang pasir, musik India, dan musik Melayu. Melodi musik ini yang meliuk-liuk ditegaskan dengan ketukan kendang dan seruling.  Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang profil penyanyi dangdut lawas yang membawakan genre dangdut murni.

1. A Rafiq

Nama lengkapnya Ahmad Rafiq, tapi nama bekennya A Rafiq.  A Rafiq merupakan salah satu penyanyi dangdut pria legendaris yang pernah berjaya pada dekade 70-an. Penyanyi asli Semarang ini sebagai pengusung dangdut Melayu dengan sentuhan irama gambus.  Selain bernyanyi, dia juga pernah membintangi sejumlah film nasional. Setidaknya sudah tujuh film dia bintangi.

2. Ellya Kadam

Ellya Kadam adalah sosok penyanyi wanita yang pernah berjaya hingga tiga dekade dari tahun 50-an hingga 70-an. Penyanyi ini ngetop dengan lagu Boneka Dari India. Lagu ini bernuansa irama dangdut India.  Selain nyanyi, Ellya Kadam juga membintangi sejumlah film layar lebar, salah satunya Benyamin Biang Kerok. Pada film ini, dia bermain dengan Benyamin Sueb, komedian terkenal dari Betawi.

Genre Dangdut Lawas dan Modern

Karakter penyanyi dangdut yang lawas kebanyakan membawakan lagu dangdut Melayu murni dengan syair yang mendayu-dayu. Rata-rata tema lagu tentang percintaan, cinta segi tiga, dan sebagainya. Intinya, bahasa yang dijadikan lagu jauh lebih santun daripada genre dangdut sekarang.

Dangdut menjadi komuditas industri musik yang menguntungkan. Supaya konsumen tak bosan, pelaku industri musik memodifikasi dangdut menjadi beberapa genre seperti dangdut koplo, dangdut campur sari, dangdut rock, dan masih banyak lagi.

Setiap genre melahirkan penyanyi baru yang terkenal seperti Trio Macan, Dewi Persik, Alam, dan masih banyak lagi. Mereka silih berganti meramaikan layar kaca dan panggung-panggung dangdut off air.

Dari genre ini, terkadang muncul pro kontra tentang tema dan bahasa syair yang kelewat vulgar dan tak pantas didengar oleh anak kecil.  Selain itu, dangdut secara cara goyangnya pun lebih seronok. Kontroversi ini pun pernah gempar pada awal 2003, ketika Inul Daratista penyanyi dangdut asli Jember, menarikan goyang ngebor sambil bernyanyi. Sampai-sampai Rhoma Irama melontarkan ketidaksukaan terhadap Inul.

Terlepas dari semua genre itu sekarang belum ada satu pun penyanyi dangdut modern yang mau mengembalikan kejayaan dangdut Melayu khas penyanyi dangdut lawas.

Selanjutnya : Tempat Jual Beli Sarang Burung Walet Daerah Kaltim
Sebelumnya: Menelisik Perkembangan Desain Tampilan Depan Honda Mega Pro
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar