Penyanyi Indonesia Era 70an

Siapa penyanyi Indonesia era 70an? “ Jatuh cinta berjuta rasanya……” itu penggalan syair lagu yang dibawakan Edy Silitonga ciptaan Titiek Puspa pada era 70an. Ketika dunia hiburan masih sepi, TV hitam putih, yang hanya dimilki oleh segelintir masyarakat. Hiburan yang ada baru Radio dengan RRI, TV milik stasiun TVRI di Senayan. Listrik belum menjangkau Ibukota secara kesluruhan.

Hiburan masih sangat terbatas Masyarakat yang haus hiburan di tahun 70an ya mendengarkan radio, mendengarkan kaset, ata nonton TV. Bila ingin melihat atau menikmat suara merdu Titiek Puspa atau Broery Pesolima ya harus bersabar mereka tampil di TVRI.

Loading...

Lagu di era 70 an sebagian sudah mulai didominas oleh lagu beraliran pop, dangdut, keroncong dan jazz. Sampai saat ini laud an juga penyanyi tahun 70 masih punya penggemar hingga saat ini. Perhatikan saja penyanyi Indonesia era 70an Koes Plus mania, Chrisye Mania, Bimbo Mania, dan masih banyak lagi kelopok atau komunitas yang sangat gandrung dengan penyanyi di era 70. Para penggemar itu tidak hanya dari kalangan kaum jadul, tapi juga mereka yang senang dengan tembang lawas ikut melestarikan kenangan akan lagu lagu nostalgia yang tak lekang dimakan waktu.

Bagaimana dengan penyanyinya di tahun 70an?  Selain group band koes plus, Panbers dan  the Mercy banyak bermunculan penyanyi pada decade 70. Penyanyi tunggal pria di antaranya ada Edy Silitonga, Chrisye, Ebiet G ade, Bob Tutupoli, Broery Pesolima, Ahmad Albar, benyamin S, dan Rhoma Irama. Sedangkan penyanyi tungga wanita dikenal nama berlian Hutahuruk, Diana Nasution, Titiek Puspa, Elvie Sukaesih, Emilia Countessa, Hetty Koes Endang, Ida Royani, Grace Simon, dan Rien Djamain.

Grup musik di era 70 cukup banyak. Mereka membuat rekaman dengan berbagai industri musik yang ada di Indonesia. Hampir setiap tahun mereka mengeluarkan album yang laris manis  hingga muncul kaset bajakannya. Group tersebut di antaranya; Koes Plus, Gomloh, Lek’s Trio, The New Rollies, Panbers, D’lloyd, the Mercy, dan Bimbo.

Perkembangan musik di setiap dekade memang cukup menggembirakan sehingga muncul para komponis (pembuat lagu) yang sangat produktif karena ada tuntutan pasar yang membutuhkan. Di era 70 an  komponis yang cukup produktif adalah Titiek Puspa,  A. Hariyanto, Guruh Soekarno Putra, Iwan Abdulrahman, Pance Pondak, dan Rinto Harahap.

Berkembangnya dunia permusikan di Indonesia sering diikuti oleh ajang pencipta lagu yang kerap diadakam oleh  sebuah studio radio swasta di Jakarta yakni Prmbors Rasisonia. Dari ajang cipta lagu bermunculan komponis hebat seperti Guruh Soekarno Putra, Syamsudin  Bimbo, Chris M. Manusama, dan masih banyak lagi.

Maka tidak heran bila kemudian sering ada mata acara tembang kenangan yang dikemas menjadi hiburan segar di beberapa stasiun TV swasta. Biasanya ada tokoh penyanyi tua dan berkolaborasi dengan penyanyi muda dan di selingi dengan mengenang masa kejayaan penyanyi dan lagunya di era 70an tesebut.

Bila membandingkan beberapa lirik lagu dulu dengan saat ini, lalu juga membandingkan penyanyi zaman 70an dengan vokal yang sangaat khas dan sangat dikagumi oleh para penggemarnya. Sedangkan penyanyi saat ini cenderung berkesan karbitan atau menggunakan istilah aji mumpung.

Demikianlah ulasan mengenai penyanyi Indonesia era 70an. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Mukjizat para Rasul yang Terkenal
Sebelumnya: Alasan Perusahaan Dalam Mengeluarkan Surat Putus Hubungan Kerja (PHK)
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar