Penyebab Adanya Anak Jalanan dan Cara Menanggulanginya


Semakin hari semakin banyak saja anak jalanan. Apakah sebenarnya penyebab adanya anak jalanan? Apakah hanya karena faktor ekonomi. Lalu seharusnya langkah seperti apa yang harus ditindaklanjuti agar anak jalanan bisa berkurang.

Anak jalanan yang ada sekarang bukan hanya dapat ditemukan di jalan tapi juga di tempat ibadah, stasiun, terminal, ada yang mengamen, minta-minta bahkan mencopet barang milik orang lain.

Inilah faktor-faktor penyebab atau pendorong adanya anak jalanan. Faktor yang paling penting adalah kehidupan keluarga si anak. Ada banyak anak jalanan yang keluarganya tidak harmonis, ada yang bercerai, orangtuanya meninggal dunia dan lain sebagainya.

Hal ini dapat menjadi parah ketika ditambah dengan adanya kekerasan emosional dan fisik kepada mereka. Keadaan rumah tangga yang demikianlah yang menjadi pangkal terbesar anak pergi dari rumah dan hidup di jalanan.

Dengan krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia maka ada banyak keluarga yang miskin. Dengan situasi yang demikian setiap keluarga harus menghidupi dirinya sendiri dengan kerja keras. Dengan keadaan yang demikian, banyaklah “jalan” bagi anak-anak untuk terjerumus tinggal di jalanan.

Faktor berikutnya adalah dia pelaku atau korban kriminal. Oleh karena tidak adanya perlindungan hukum dan orang dewasa kepada mereka,anak-anak sering mendapat tindak kekerasan.

Kekerasan yang terjadi bisa dari mana saja, dari sesama anak jalanan, orang yang sudah dewasa, juga dari aparat. Kekerasan yang terjadi bisa bermacam-macam, contohnya dipukul, dimintai uang, dirazia, maupun diperkosa.

Penanganan untuk anak jalanan harus dilakukan dengan terpadu. Orang yang dilibatkan bukan hanya anak-anak itu, namun juga masyarakat, dan tentunya keluarga jika memang masih ada. Memang akan sulit untuk membuat anak-anak kembali pada masyarakat sebab mereka sudah biasa hidup di jalanan yang keras dan bertolakbelakang dengan norma yang umum dimasyarakat.

Bahkan akan lebih sulit membina mereka jika sudah tidak ada keluarga dan orangtua yang memberi contoh. Pemberdayaan yang dilakukan haruslah dengan cara melindungi mereka.
Pemberdayaan itu juga bukan hanya untuk anak-anak jalanan namun juga untuk masyarakat.

Oleh karena masyarakat masih menganggap anak jalanan itu selalu mengganggu. Masyarakat harus dibina agar bisa menerima anak-anak itu dengan baik seperti layaknya bagian dari masyarakat.

Itulah beberapa penyebab adanya anak jalanan. Semoga di kemudian waktu anak jalanan akan semakin berkurang. Mereka mendapatkan kebahagiaan, kesejahteraan, serta diterima oleh masyarakat.

Selanjutnya : Berapa Harga Mobil Bekas Avanza E 2005?
Sebelumnya: Mengenal Sifilis, Penyakit Kulit yang Ada di Kelamin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar