Mengenal Berbagai Penyebab Alergi Kulit Pada Bayi

Ketika kita bersingungan secara langsung dengan bayi, maka banyak hal yang harus kita perhatikan. Mengingat bayi belumlah memiliki kekebalan tubuh yang sempurna, hingga dirinya rentan terhadap beberapa masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi adalah, munculnya bintik-bintik merah pada badan mereka sebagai tanda adanya alergi. Mengapa bayi bisa mengalami alergi?

Berikut ulasan mengenai berbagai penyebab alergi kulit pada bayi:

Faktor keturunan

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab alergi kulit pada bayi. Jika kedua orang tuanya memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka semakin besar kemungkinanya bayi mereka untuk memiliki alergi yang sama. Tetapi jika hanya salah satu dari kedua orang tua yang mempunyai alergi tertentu, maka bayi mereka pun akan memiliki kemungkinan yang kecil untuk terkena alergi.

Sebagai contoh, jika kedua orang tua dari anak alergi pada udang, maka anak mereka pun kemungkinan akan mengalami hal yang sama. Jika orang tua ingin memastikannya, mereka bisa memasukkan udang kedalam makanan bayi mereka.

Tentu saja setelah diolah sedemikian rupa hingga lembut dan bisa dikonsumsi oleh bayi. Kemudian perhatikan dalam 2-3 hari. Jika kulit bayi menjadi kemerahan maka itu tandanya dia mempunyai alergi yang sama. Namun jika sampai pada 3 hari bayi tersebut baik-baik saja, maka dia tidak memiliki alergi yang sama dengan orang tuanya.

Faktor Makanan dan Susu Formula

Masing-masing bayi memiliki kebebalan tubuh yang tidak sama. Ada beberapa diantara mereka yang tidak menunjukkan masalah ketika diberi makanan atau susu formula tertentu. Namun ada juga yang mengalami alergi. Untuk susu formula, orang tua harus lebih waspada. Karena tidak semua susu formula bisa dicerna dengan baik oleh bayi.

Susu formula dengan kadar prortein yang terlalu tinggi justru bisa menyebabkan anak mengalami alergi. Akibatnya kulit mereka menjadi kemerah-merahan, dan ada juga yang disertai dengan diare pada sang bayi. Jika hal tersebut terjadi, maka segeralah mengganti susu formula tersebut dengan merek lain yang lebih bisa diterima oleh sang bayi.

Cuaca Dapat Menyebabkan Alergi

Cuaca yang panas cenderung menyebabkan bayi berkeringat. Berhubung sistem pengatur suhu di dalam tubuhnya belum berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan bayi-bayi ini tidak bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca yang terlalu panas. Akhirnya keringat mereka tersumbat pada pori-pori kulit. Hal ini yang menyebabkan pada kondisi panas bayi cenderung memiliki bintik-bintik merah pada badannya.

Dengan mengetahui penyebab alergi kulit pada bayi kita akan menjadi lebih waspada terhadap kesehatan mereka. Karena bagaimanapun bayi-bayi tersebut masih lah sangat ringkih, sehingga memang dibutuhkan perhatian ekstra untuk menjaga kesehatan mereka.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Musik Jalanan Punk Indo
Sebelumnya: Permasalahan TV Tuner dan Cara Mengatasinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar