Mengenal Penyebab Alergi Kulit


Indikasi alergi kulit biasanya terdapat ruam pada kulit secara tiba-tiba, rasa gatal dan kulit terlihat merah. Jika sudah ada indikasi tersebut kemungkinan besar Anda mengalami alergi kulit. Sebaiknya penyebab alergi kulit ini segera Anda ketahui agar bisa segera menyingkirkannya dari badan Anda. Dengan begitu kondisi alergi tidak lebih parah lagi.

Ada berbagai macam penyebab alergi pada kulit. Menurut sebuah klinik kesehatan kulit penyebab terdiri dari logam dan beraneka wewangian. Dengan pengujian terhadap 1500 orang ditemukan bahwa terdapat bahan-bahan initi yang dapat menyebabkan alergi kulit baik dari bahan logam maupun non logam.

Non Logam

Bahan yang pertama yaitu balsam Peru atau dikenal juga dengan nama myroxylon. Ini adalah wewangian yang biasanya tecampur dalam pafum dan lotion. Bahan yang memberikan wangi pada parfum atau lotion tersebut.
Bahan berikutnya yaitu Thimerosal. Ini adalah sebuah senyawa merkuri yang sering dipergunakan pada berbagai antisptic. Penggunaan ini adalah untuk mengawetkan antiseptik tersebut hingga mampu bertahan dalam waktu yang lama. Thimerosol inilah yang membuat antiseptic ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahan penyebab alergi kulit lainnya yaitu Neomycin sulfate. Bahan ini termasuk antibiotik topical yang biasanya digunakan dalam salep dan juga krim pengobatan yang pertama kali dioleskan dalam kecelakaan. Selain itu bahan ini juga banyak kita temukan dalam berbagai jenis deodorant, sabun, kosmetik hingga makanan hewan.

Bahan Fragrance mix atau campuran beberapa jenis wewangian juga ditemukan sebagai salah satu penyebab alergi yang terjadi pada kulit. Bahan ini banyak ditemukan pada berbagai produk kosmetik dan berbagai produk yang berhubungan dengan mulut dan gigi. Selain itu juga pada parfum, sabun, antiseptic, bahkan pada makanan tertentu.

Selain itu ternyata peralatan dan perlengkapan rumah tangga juga dapat menjadi penyebab alergi pada bagian kulit. Penyebabnya tiada lain karena adanya penggunaan Formaldehida sebagai pengawat. Contohnya pada cat, berbagai produk berbahan kertas, pemberish rumah tangga, dll.

Logam

Cobalt Chlooride adalah sejenis logam yang dapat ditemukan pada berbagai produk mulai dari pigmen biru kobaltnya sendiri, obat-obatan atau pewarna rambut. Selain itu juga pada kancing, perkakas, atau bahkan antiperspiran.

Emas dan Nikel juga termasuk logam yang dapat menjadi penyebab alergi. Walupun bentuknya cantik dan indah ketika sudah berubah bentuk menjadi perhiasan sebaiknya tidak usah digunakan. Apalagi jika Anda sudah dinyatakan alergi logam.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari  alergi. Walubagaimanapun alergi sangat membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Ketika Anda sudah tahu apa yang membuat Anda alergi maka jauhkan benda-benda tersebut agar Anda tidak menderita akibat berbagai penyebab alergi kulit.***

Selanjutnya : Daftar Pemain Jerman untuk Menghadapi Piala Dunia 2014
Sebelumnya: Fasilitas dan Layanan Bagi Nasabah Bank CIMB Niaga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar