Penyebab-penyebab Batuk Darah dan Penanganannya

Batuk darah merupakan satu dari banyaknya jenis batuk yang bisa dikatakan cukup serius. Hal ini dikarenakan batuk darah dapat mempengaruhi kinerja dari organ dalam tubuh, seperti organ paru-paru bahkan organ jantung. Oleh karenanya, akan lebih baik jika secara cepat penyebab batuk darah ini diketahui, sehingga pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut dari batuk darah ini akan dapat dilakukan dengan cepat.

Dalam perkembangannya, ada banyak penyebab yang melatarbelakangi batuk berdarahi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan batuk darah ini terjadi pada seseorang. Penyebab penyakit ini sendiri merupakan ekspektorasi darah yang menjadi penyebab terjadinya pendarahan dari saluran pernafasan yang terletak di bawah laring atau bisa juga terjadi di luar saluran pernafasan di bawah laring.

Loading...

Batuk darah biasanya sering menjadi tanda atau gejala dari satu penyakit. Tentunya untuk mengetahui penyakit apa yang melatarbelakangi batuk darah ini harus dilakukan beberapa pemeriksaan dan medical check up secara lebih lanjut.

Penyebab-penyebab Batuk Berdarah

Salah satu penyebab terjadinya batuk berdarah (hemoptisis) adalah adanya infeksi yang bisa disebabkan oleh jamur atau virus.

Infeksi yang disebabkan oleh jamur atau virus bisa menjadi penyebab terjadinya batuk berdarah, mengingat dengan adanya jamur dan virus tentu saluran pernafasan akan terpengaruhi kinerjanya.

Selain itu, batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada paru-paru, memiliki riwayat TBC, menderita kanker paru-paru, atau bisa juga dikarenakan oleh adanya kerusakan yang terjadi pada jalur pernafasan. Jalur pernafasan dapat mengalami kerusakan jika terjadi batuk yang berlangsung terlalu lama, sehingga pembuluh darah akan menjadi rapuh dan menyebabkan pendarahan.

Penanganan Batuk Berdarah

Setelah mengetahui beberapa penyebab batuk berdarah, ada langkah-langkah untuk menangani pasien batuk berdarah yang pertama kalinya. Cara penanganan yang tepat untuk mengatasi pasien yang batuk berdarah adalah menenangkan pasien dengan duduk tenang. Hal ini dikarenakan, pasien yang mengalami batuk berdarah yang pertama kalinya akan menjadi panic dan tidak bisa tenang.

Beri pasien yang mengalami batuk berdarah tersebut dengan air putih. Hal ini, selain dapat membuat pasien tenang, air minum juga dapat membersihkan pendarahan yang terjadi bila pendarahan tersebut diakibatkan oleh hal-hal ringan.

Hal selanjutnya, bila batuk berdarah tersebut terus berlanjut adalah membawanya ke dokter. Demikianlah pembahasan mengenai penyebab batuk darah yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kerukunan Hidup Beragama di Indonesia
Sebelumnya: Mempelajari Persamaan Bernoulli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar