Apa Penyebab Bengkak Kelenjar Dibelakang Telinga

Tahukah Anda bahwa ada kelenjar di belakang telinga Anda. Ada sebuah penyakit dan penyebab ada bengkak kelenjar di belakang telinga. Apakah penyebab bengkak kelenjar dibelakang telinga itu? Bagian telinga yang paling sering muncul benjolan adalah telinga belakang sebelah kiri. Bengkak itu bisa membesar maupun mengecil dengan sendirinya.

Penyebab benjolan bisa karena adanya pembengkakan pada kelenjar limfe atau yang disebut dengan nama kelenjar getah bening. Kelenjar itu letaknya ada di beberapa bagian tubuh. Namun 55 persennya ada di leher juga kepala.

Perlu Anda tahu bahwa kita memiliki kurang lebih 600 buah kelenjar getah bening. Bagian-bagian tubuh seperti ketiak, rahang bawah, juga lipatan paha akan teraba dengan normal pada orang yang sehat.

Kelenjar getah bening itu terbungkus oleh kapsul fibrosa yang isinya adalah berbagai sel yang membentuk pertahanan tubuh juga sebagai tempat untuk menyaring antigen dari berbagai pembuluh getah bening yang lewat. Beberapa pembuluh limfe mengalir menuju kelenjar ini yang membuat tempat kelenjar getah bening diketahui oleh aliran pembuluh limfe yang lewat.

Kelenjar getah bening bisa menghasilkan banyak sel untuk pertahanan tubuh. Sehingga ketika ada antigen atau zat asing yang menginfeksinya maka kelenjar ini akan membesar untuk mengatasinya.

Besarnya kelenjar juga bisa berasl dari penambahan sel pertahanan tubuh yang asalnya dari kelenjar itu juga, contohnya sel plasma, limfosit, histiosit dan monosit. Penyebabnya adalah datangnya sel peradangan yang bertugas untuk mengatasi terjadinya infeksi yang menimbun dari suatu penyakit.

Namun penyebab yang paling sering terjadi adalah hasil sebuah proses infeksi serta infeksi. Hal yang umum terjadi adalah infeksi karena virus di saluran pernapasan atas. Infeksinya adalah influenza, virus parainfluenza, rinovirus, adenovirus, coronavirus dan lain sebagainya.

Ada juga virus seperti cytomegalovirus, human immunodeficiency virus, coxsackievirus, virus varicella-zooster, rubela. Keganasan dari leukimia, rhabdomyosarkoma, neuroblastoma, juga limfoma bisa membuat kelenjar getah bening membesar.

Penyakit lain juga ada, yaitu kawasaki, lupus, serta penyakit kolagen. Selain itu beberapa macam obat-obatan juga bisa menjadi penyebabnya. Begitulah, ada banyak penyebab bengkak kelenjar dibelakang telinga. Jadi Anda harus hati-hati jika memiliki benjolan di belakang telinga Anda atau di manapun berada.

Loading...
Selanjutnya : Penyebab Kanker Hati Adalah Penyebab yang Bersifat Genetik
Sebelumnya: Makalah Kasus Malpraktek yang Terjadi di Sulawesi Tenggara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar