Penyebab Bolu Bantat


Bolu adalah salah satu jenis kue yang populer, siapa saja pasti pernah menikmati cita rasa dari kue yang memiliki tekstur lembut ini. Tekstur yang lembut serta rasa yang legit, ditambah dengan aneka kreasi bentuk dan warnanya yang memikat membuat semua orang mudah menyukai sajian ini. Tetapi ternyata bagi beberapa orang yang pernah mencoba membuat, tidak semudah menikmati dan mengomentari kelezatan dari kue tersebut.

Terutama bagi pemula, ketika membuat bolu sering sekali dihadapkan pada masalah yang sama yaitu bantat atau bantet yang berarti adonan bolu tidak dapat mengembang secara sempurna sehingga kue yang dihasilkan juga jauh dari lezat dan bentuknya juga tidak menarik. Untuk itu sebelum membuat kue bolu ada baiknya mengetahui penyebab bolu bantat sehingga dapat menghindarinya ketika membuat bolu.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan bolu gagal mengembang sempurna:

1.    Adonan tercampur air atau minyak

Ini adalah hal yang paling tidak boleh terjadi dalam membuat bolu, maka pastikan ketika mengadoni bolu peralatan yang Anda gunakan benar-benar kering dan jauh dari jangkauan anak-anak.

2.    Adonan yang kurang mengembang

Bagi pemula memang sulit menentukan apakah anonan yang dikocok dengan mixer sudah benar mengembang atau belum. Untuk mengetahuinya dapat menggunakan bantuan spatula plastik atau sendok plastik dengan cara mengambil sedikit adonan yang sudah berwarna putih lalu biarkan menggantung, jika adonan lengket dan tidak mudah jatuh, maka adonan sudah mengembang.

3.    Terdapat tepung atau adonan yang menggumpal

Pastikan mencampur tepung dengan adonan secara perlahan dan merata, sehingga tidak ada tepung yang mengendap di dasar mangkuk yang mengakibatkan adonan menggumpal dan bantat.

4.    Memasukkan mentega ketika panas

Harus dipastikan bahwa mentega cair yang hendak dicampurkan ke dalam adonan sudah dingin, tetapi jangan sampai membeku kembali.

5.    Oven yang kurang panas

Satu kesalahan yang sangat lazim dilakukan oleh pemula yaitu lupa memanaskan oven ketika akan memanggang bolu sehingga mengakibatkan adonan cepat mengempis sebelum mengembang.

Dalam membuat bolu atau cake lainnya memang tidak sulit, namun tidak pula mudah. Asalkan mengetahui tips dan trik yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, seperti penyebab bolu bantat, maka membuat bolu akan mudah dan sukses setara dengan buatan chef profesional meski Anda masih sorang pemula.

Selanjutnya : Perbedaan Metode Penelitian
Sebelumnya: Tips Hilangkan Jerawat Membandel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar