Faktor Penyebab dari Globalisasi Dunia


Apa faktor-faktor penyebab globalisasi dunia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, barangkali setiap orang memiliki pandangan berbeda-beda. Karena globalisasi bisa dianalisa dari berbagai sudut pandang yang memang cakupannya sangat luas dan kesemuanya masih saling berkaitan satu sama lain.

Secara garis besar, penyebab globalisasi dunia dibedakan menjadi dua faktor. Yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Kedua faktor ini berpijak pada landasan analisa berdasarkan pengertian dasar dari globalisasi.

Globalisasi berasal dari kata global, yang artinya universal atau dunia. Yaitu terjadinya interaksi antarnegara yang saling bergantung satu sama lain. Ketergantungan tersebut semakin meningkat seiring adanya kemajuan di berbagai bidang kehidupan seperti ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Faktor Eksternal

Faktor ini salah satu penyebab fenomena globalisasi, yang berasal dari perkembangan di luar negeri. Faktor eksternal ini bagi negara berkembang seperti Indonesia, bisa jadi merupakan faktor dominan penyebab adanya globalisasi.
Beberapa contoh dalam faktor eksternal yaitu:

a.    Runtuhnya negara Uni Soviet sekitar tahun 90-an, menyebabkan beberapa negara pecahannya menganut sistem politik luar negerinya masing-masing. Akibatnya interaksi dengan negara Barat pun semakin berkembang.

b.     Munculnya organisasi pemerintahan internasional seperti PBB, Uni Eropa, ASEAN, dan sejenisnya. Kemunculan organisasi-organisasi ini secara signifikan telah menyebabkan meningkatnya fenomena laju globalisasi dunia.

c.    Adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Kemajuan bidang teknologi ini merupakan alat yang paling berpengaruh terhadap peningkatan laju globalisasi.

Karena dengan adanya kemajuan perangkat teknologi informasi ini, segala perkembangan di berbagai belahan dunia, bisa dengan mudah untuk diakses dan mempunyai dampak atau pengaruh terhadap negara lainnya.

Faktor Internal

Faktor ini adalah yang berasal dari dalam negeri. Beberapa contohnya seperti:

a.    Adanya saling ketergantungan antarnegara di dunia. Misalnya negara yang minim sumber daya alam, akan tergantung terhadap negara yang kaya dengan sumber daya alamnya.

b.    Sistem ekonomi dan politik luar negeri yang dianut oleh suatu negara. Hal ini secara tidak langsung menyebabkan meningkatnya arus globalisasi di dalam negerinya.

Hal ini ditandai seperti adanya laju perdagangan antarnegara, munculnya berbagai lembaga swadaya asing, pertumbuhan wisatawan asing, dan sebagainya.

Itulah gambaran faktor penyebab dari globalisasi. Hal ini terus melaju kencang dan harus bisa disikapi dengan bijaksana. Demikian, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Berbagai Ramuan Alami untuk Kecantikan Khas Wanita Indonesia
Sebelumnya: Harga Meja Biliar dan Modal Pembuatannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar