Faktor-Faktor Penyebab Hepatitis B


Penyakit hepatitis dikenal juga sebagai penyakit kuning. Sebelum kita membahas mengenai faktor-faktor penyebab hepatitis, ada baiknya jika kita mengenal dan memahami terlebih dahulu tentang apa itu penyakit hepatitis.

Penyakit hepatitis adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati manusia, sehingga menimbulkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel organ hati. Selain itu, penyakit hepatitis dapat disebabkan oleh racun karena mengkonsumsi obat kimia dalam jangka waktu lama.

Penyakit hepatitis merupakan salah satu penyakit yang mempunyai banyak varian. Penyakit hepatitis yang dikenal di dunia kedokteran antara lain hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis E, hepatitis F, dan hepatitis G.

Namun demikian, penyakit hepatitis yang lazim ditemukan dan diderita oleh masyarakat Indonesia adalah jenis hepatitis B dan hepatitis C.

Setiap jenis hepatitis memiliki faktor penyebab yang berbeda. Berikut uraiannya.

1. Hepatitis A

Hepatitis A merupakan golongan penyakit hepatitis yang paling ringan dan sangat jarang menyebabkan penderitanya meninggal dunia. Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A (VHA).

Penyakit hepatitis A umumnya disebarkan melalui tinja atau kotoran yang terkontaminasi dengan makanan, seperti ikan, kerang, dan kangkung yang hidup di kawasan air yang telah tercemari oleh kotoran manusia.

2. Hepatitis B

Penyakit hepatitis B merupakan jenis hepatitis yang paling berbahaya dikarenakan dapat menyebabkan kematian kepada penderitanya.

Hepatitis B disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB). Penyebaran hepatitis B dapat terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik, sikat gigi, handuk, maupun ASI.

3. Penyakit Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh Virus Hepatitis C (VHC) dan dapat menular melalui transfusi darah, jarum suntik, dan gigitan serangga. Hepatitis C yang akut dan kronis dapat menyebabkan kematian.

Adapun cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit hepatitis adalah melakukan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan, dan melakukan olah raga yang teratur.

Penderita yang sudah terkena penyakit hepatitis sebaiknya segera mendapat penanganan dari dokter yang kompeten. Obat herbal yang lazim digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit hepatitis adalah kerang air tawar (remis).

Demikian uraian singkat mengenai pengertian dan faktor-faktor penyebab hepatitis. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Film Setan Pocong Cupu Pertama di Indonesia
Sebelumnya: Cara Mencangkok Tanaman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar