Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya


Pada dasarnya, penyebab jerawat punggung sama dengan jerawat pada umumnya yang timbul di wajah atau bagian tubuh lain. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi sehingga jerawatnya bisa muncul di bagian punggung.

Secara umum, kemunculan jerawat di kulit disebabkan oleh produksi hormon yang tidak seimbang, dan kemudian bisa memicu produksi minyak secara berlebihan di jaringan bawah kulit. Minyak berlebih ini bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit dan akhirnya tumpukan minyak dan lemak tersumbat ini berubah menjadi jerawat.

Jerawat di punggung dapat dipicu oleh faktor dari luar. Contohnya, kebiasaan memakai pakaian yang rangkap. Hal ini lebih sering dilakukan oleh kaum wanita karena memang tuntutan untuk memakai baju berlapis-lapis, mulai dari bra, kaos dalam, pakaian luar, dan kadang masih memakai jaket atau sweater.

Pemakaian baju yang berlapis-lapis bisa memicu produksi keringat secara berlebih. Di samping itu sirkulasi udara tidak lancer. Akhirnya, keringat dapat menyumbat pori-pori kulit. Hal ini bisa diperburuk ketika mandi, area punggung umumnya lebih sulit dibersihkan dengan jangkauan tangan.

Penyebab Jerawat

Tahukah Anda jika pori-pori tersumbat dapat memicu banyaknya sel-sel kulit mati? Sel kulit mati juga merupakan salah satu penyebab paling banyak timbulnya jerawat. Jika sudah terlanjur timbul jerawat di punggung, lantas bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasi jerawat di punggung adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Mengeringkan keringat di punggung saat tiba di rumah, yaitu dengan segera melepas pakaian. Hal ini untuk memperlancar sirkulasi udara di kulit.

2. Memilih pakaian dengan jenis kain yang bisa menyerap keringat, misalnya jenis kain katun. Sebaikya, Anda hindari pemakaian baju atau kaos yang terlalu ketat karena dapat menghambat sirkulasi udara untuk pori-pori kulit.

3. Sering-sering membersihkan bagian punggung dengan sabun antiseptik dan mengeringkan keringatnya terlebih dahulu sebelum dibersihkan.

4. Saat mandi, Anda bisa memakai tambahan air rebusan daun kemangi.  Daun kemangi dipercaya mengandung zat yang bisa membersihkan kulit sekaligus membunuh kuman-kuman penyebab jerawat.

Penyebab jerawat punggung dapat diatasi dengan kebiasaan selalu menjaga kebersihan, khususnya kebersihan kulit. Namun, jika ternyata sulit diatasi sendiri, berkonsultasi dengan dokter kulit merupakan tindakan yang lebih bijak.

Selanjutnya : Penyebab Kemiskinan
Sebelumnya: Asma: Penyakit Pernapasan yang Memerlukan Oksigen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar