Penyebab Kanker Hati Adalah Penyebab yang Bersifat Genetik

Sebelum mengetahui penyebab kanker hati adalah sesuatu yang berbahaya, ada baiknya hal-hal tentang kanker hati diketahui sebelumnya. Kanker hati merupakan suatu penyakit yang tumbuh dan berkembang pada jaringan liver atau hati.

Secara umum, kanker hati ini termasuk kanker kelima dalam jenis kanker di dunia. Sebagai jenis kanker yang mematikan, kanker hati ini harus diketahui sejak dini penyebab dan gejalanya.

Penyebab Kanker Hati

Penyebab kanker hati hingga saat ini masih terus diteliti. Hal ini dikarenakan penyebab kanker hati sendiri memiliki kemungkinan bersifat genetik. Artinya, penyebab kanker hati adalah sifat genetik yang bisa disebabkan atas pengaruh lingkungan. Keberpengaruhan dari penyebab kanker hati ini biasanya bersifat karsinogen.

Pada dasarnya, ada beberapa penyebab kanker hati berdasarkan jenis kanker hati itu sendiri. Kanker hati jenis primer misalnya. Kanker hati primer atau biasa disebut juga dengan Karsinoma hepatoseluler bisa disebabkan oleh cacat dari lahir, penyalahgunaan zat adiktif atau alkohol, infeksi yang disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti hepatitis B atau C, kelebihan zat besi dalam hati dan juga sirosis.

Gejala Kanker Hati

Dalam perkembangannya, kanker hati seringkali tidak banyak menimbulkan gejala yang signifikan. Beberapa gejala mungkin akan dirasakan penderitanya ketika kanker sudah bertambah besar. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah sebagai berikut;

• Urin berwarna kecokelatan seperti teh dan feses kehitaman

• Mengalami kelelahan yang amat sangat

• Sering merasakan mual dan muntah

• Mengalami penurunan berat badan yang drastis

• Kaki dan tangan membengkak

• Merasakan perut yang penuh, sehingga nafsu makan berkurang

• Mata dan kulit terlihat kuning samar

• Terasa benjolan yang berat pada bagian atas perut

• Sakit pada bagian atas perut sebelah kanan.

Dalam perkembangannya, penyakit kanker hati ini sebagian besar membunuh para penderitanya. Lebih dari 50% pasien yang terdiagnosa kanker hati, terutama kanker hati primer mengalami gejala sirosis hati. Dari gejala tersebut, pasien akan mengalami berbagai tahapan dari tingkatan kanker tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab kanker hati yang dapat disampaikan. Penyebab kanker hati adalah beragam. Hal ini bergantung pada kondisi dan riwayat kesehatan penderita kanker tersebut.

Loading...
Selanjutnya : Harga Pupuk Ponska
Sebelumnya: Apa Penyebab Bengkak Kelenjar Dibelakang Telinga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar