Penyebab Kencing Tidak Terasa

Mengompol atau penyabab kencing tidak terasa identik dengan anak usia balita. Balita mengompol karena memang belum mampu mengelola keinginan untuk buang air kecil dan otot sphinkter yang mengatur seseorang untuk menahan kencing belum cukup kuat untuk menahan. Namun ternyata mengompol atau buar air kecil tidak pada tempatnya dapat juga dialami oleh individu dewasa.

Berikut adalah penyebab kencing tidak terasa.

1. Kondisi takut yang teramat sangat

Takut merupakan kondisi di mana seseorang tidak dapat lagi mengontrol perasaan dan bahkan ketakutan dapat menimbulkan kondisi tidak sadarkan diri. Pada saat mengalami ketakutan yang teramat sangat, seseornag dapat mengompol karena pada waktu tersebut kontraksi di berbagai lokasi tubuh menjadi lebih cepat, salah satunya ada kontraksi otot yang mengatur berkemih sehingga seolah tubuh berusaha mengeluarkan air seni. Dan secara tidak sadar seseorang mengompol ketika takut berlebih tersebut menyergap.

Adapun langkah untuk mencegah mengompol ketika mengalami ketakutan adalah berusaha lebih tenang ketika menghadapi kondisi luar biasa. Salah satu cara menenangkan diri adalah menarik napas panjang serta berpikir singkat bahwa kondisi yang dihadapi pasti akan terselesaikan.

2. Dalam kondisi terlalu lelah

Kelelahan terutama lelah fisik dapat menyebabkan seseorang berlaku setengah sadar. Pada saat lelah tersebut, seseorang dapat denga tidak sadar buang air kecil atau mengompol. Ketidaksadaran disebabkan oleh karena keletihannya yang etramat sangat tersebut. Cara mengatasinya adalah sering melakukan gerakan tubuh ringan di sela-sela bekerja.

3. Dalam kondisi marah

Pada saat marah, seseorang cenderung sulit mengontrol emoasi. Emosi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan keresahan dan juga keadaan kencing tanpa sengaja. Cara mengatasinya salah satunya adalah dengan menenangkan diri ketika mulai memasuki lingkungan kerja. Mendengar musik yang menarik dan nyaman akan sangat tepat untuk diberikan ketika sedang menghadapi kekesalan atau kemarahan.

4. Ketika tertidur dan belum buang air kecil

Kondisi tidur merupakan kondisi ketika seseorang berada di luar sadar karena segala aktivitas kesadarannya terhenti ketika itu. Pada kondisi tidur terkadang bermimpi. Mimpi sedang buang air kecil di tempat yang layak dapat menghasilkan kondisi mengompol.

Yang terjadi sesungguhnya seseorang memang ingin buang air kecil akan tetapi dalam kondisi setengah sadar atau tidak sadar karena terlelap, maka buang air dilakukan di dalam sebuah mimpi padahal yang sesungguhnya dia sedang buang air kecil di atas tempat tidur. Hal ini dapat juga terjadi pada seseornag yang jatuh tertidur ketika kondisi kantung seni sedang penuh dengan urin. Salah satu cara mencegahnya adalah selalu buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur.

5. Saat resah

Keresahan serta rasa gelisah dapat membuat seseorang tanpa sadar buang air kecil di celana atau mengompol. Sebagaimana rasa takut, keresahan sebagai salah satu bentuk perasaan tidak nyaman akan membuat seseorang tidak dapat mengontrol keinginan buang air kecil dan mengompol.

Jadi cukup banyak penyebab kencing tidak terasa. Dan semoga dapat diatasi kondisi tersebut.

Selanjutnya : Tips Untuk Perawatan Ruangan Mobil
Sebelumnya: Mengapa Air di Bumi Tidak Habis?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...