Apa Penyebab Keracunan Kehamilan

Apa penyebab keracunan kehamilan? Kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu bagi tiap pasangan terlebih pengantin baru untuk menyempurnakan membentuk keluarga kecil, namun setiap pasangan kadang dihantui perasaan cemas utamanya pada masa kehamilan yakni kerawanan adanya penyakit yang menyerang ibu dan bayi di antaranya merupakan keracunan kehamilan.

Keracunan Kehamilan

Pada dasarnya penyebab keracunan kehamilan hampir terjadi pada setiap pasangan, dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan preeklamsia bahkan ancaman dari penyakit ini adalah kematian. Preeklamsia terjadi pada wanita yang hamil pertama pada usia 20 tahun atau di atas 35 tahun.

Beberapa kondisi yang memungkinkan seseorang terkena keracunan kehamilan yakni ibu pengidap diabetes, hipertensi, memiliki masalah pada ginjal, pernah mengalami Preeklamsia pada kehamilan sebelumnya, perempuan yang terlalu sering melahirkan dan faktor psikologis misalnya kehamilan yang tidak diharapkan.

Selain risiko pada ibu, Bayi dalam kandungan juga akan terkena dampak dari preeklamsia yakni bayi akan mengalami kekurangan oksigen dan asupan nutrisi makanan sehingga dapat mengurangi bobot si janin dalam kandungan, risiko lain yang timbul adalah bayi akan lahir secara prematur hingga menimbulkan kematian pada saat kelahiran.

Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, Preeklamsia akan berubah menjadi Eklamsia yang akan berakibat fatal terjadinya infeksi dan pendarahan. Gejala yang sering muncul ketika mengalami preeklamsia/eklamsia adalah si Ibu lebih sering mengalami pusing, tekanan darah tinggi, mual berlebihan serta berat badan tidak naik, bahkan bisa berdampak pada kejang.

Biasanya Ibu merasakan sakit kepala yang hebat di bagian dahi, penglihatan kabur, nyeri ulu hati dan mual. Serangan kejang dapat diikuti dengan penurunan kesadaran dan berbagai komplikasi berat lainnya, seperti lepasnya plasenta dari dinding rahim, perdarahan otak, janin lahir prematur, dan yang paling fatal adalah kematian ibu dan janin.

Untuk memastikan apa penyebab keracunan kehamilan, diharapkan ibu hamil segera mengunjungi dokter kandungan maupun bidan agar dilakukan pemeriksaan berkala terutama memeriksa kadar protein ibu hamil. Jika selama pemantauan kehamilan ternyata ibu hamil tidak mengalami perbaikan atau kondisinya mengarah pada Eklamsia, langkah yang harus ditempuh adalah bila usia kehamilan mencapai usia 37 minggu adalah persalinan.

Persalinan tersebut dilakukan untuk menyelamatkan bayi dan ibu tentunya dengan beberapa pertimbangan sesuai dengan hasil pemeriksaan. Proses persalinan bisa diupayakan normal juga bisa mengarah pada operasi Caesar dan setelah bayi lahir akan dilakukan pemeriksaan berkala dalam inkubator setelah bayi itu lahir.

Jadi, mulailah sedini mungkin menjaga kesehatan dan pola hidup yang teratur bagi setiap pasangan dalam menantikan kehadiran sang buah hati untuk mencegah dari apa penyebab keracunan kehamilan pada ibu.

Selanjutnya : Dongeng Singkat Beserta Teks Sampingan dengan Bahasa Inggris
Sebelumnya: Bagaimana Kehidupan di Dunia Gaib?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...