Penyebab Kerusakan Ekosistem Ikan


Kini banyak sekali ekosistem ikan yang terancam punah dan rusak.  Banyaknya penyebab kerusakan ekosistem ikan memang sudah lama terjadi dan jika tidak segera ditangani dengan cepat akan dapat menyebabkan kerusakan ekosistem selamanya.

Dalam ekositem selalu ada interaksi antara makhluk dengan lingkungannya.  Ekosistem ikan dapat terbagi menjadi dua bagian yaitu ekosistem ikan air tawar dan ekosistem pada ikan di laut.  Selama ini ketersediaan ikan dalam habitatnya dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Selain itu pula, kehadiran sebagian ikan-ikan dalam lautan dapat menjadi obyek wisata yang menguntungkan bagi manusia juga.  Jika ekosistem ikan rusak, maka akan menurun pula populasi ikan bahkan bisa juga menyebabkan punahnya beberapa spesies ikan.

Kerusakan Ekosistem Ikan

Penyebab kerusakan pada ekosistem ikan ini pada umumnya disebabkan oleh aktivitas manusia yang kurang memperhatikan dampak terhadap lingkungan.  Penyebabnya antara lain, karena:

• Penggunaan Zat/bahan kimia yang berbahaya.  Salah satunya adalah pencemaran air yang disebabkan oleh pembuangan industri.  Bahan kimia ini mencemari air dan merusak ekosistem ikan baik di air tawar maupun air laut.

• Penggunaan bom atau ranjau dalam penangkapan ikan.  Hal ini masih sering dilakukan oleh nelayan bahkan perusahaan ikan untuk mendapatkan keuntungan.

Tapi sayangnya, tindakan ini dapat menyebabkan kerusakan ekosistem ikan.  Tidak hanya ikan saja yang mati tapi juga makhluk hidup lainnya di dalam air yang menguntungkan bagi ekosistem.

• Perusakan habitat alami ikan, seperti pengerukkan pasir di sungai, rusaknya karang-karang laut serta berkurangnya area mangrove yang berperan penting dalam menjaga ekosistem ikan.

Lingkungan yang merupakan habitat asli dari ikan memang sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan.  Jika habitat asli ini kemudian menjadi rusak, maka ekosistem ikan akan menjadi putus mata rantai dalam ekosistemnya.

Faktor kerusakan ekosistem ikan ini lambat laun akan berdampak menyebabkan punahnya berbagai spesies ikan.  Kalau sudah ekosistem ini rusak maka populasi ikan juga akan menjadi berkurang dan dapat mempengaruhi ketersediaan bagi kehidupan manusia.

Pentingnya kesadaran bagi manusia sendiri dalam menjaga kelestarian lingkungan agar ekosistem ikan ini dapat berjalan sebagaimana fungsinya.  Selain itu, perlu dilakukan pengawasan terhadap aktivitas manusia yang dapat merusak lingkungan serta pemberian sanksi bagi mereka yang merusak lingkungan.

Selanjutnya : Cara Menggunakan Wordpress Org
Sebelumnya: Mark David Chapman, Sang Penyebab Kematian John Lenon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar