Penyebab Lordosis dan Pencegahannya


Penyebab lordosis? Apakah Anda ingin tahu penyebab dari penyakit tulang tersebut? Bacalah artikel ini dengan saksama.

Apakah tulang belakang Anda sering terasa sakit? Jika ya, berhati-hatilah. Kemungkinan rasa sakit ini nyeri pinggang biasa atau kelainan pada sendi tulang belakang. Kelainan sendi pada tulang berupa kifosis, lordosis, dan skeliosis. Salah satu kelainan tulang belakang yang umum adalah lordosis. Kelainan lordosis merupakan gangguan pada tulang belakang karena tulang cervical dan throax melengkung ke arah depan sehingga terlihat bengkok ke belakang. Lordosis ini dikenal dengan nama saddle back. Diagnosa lordosis dilakukan berdasarkan penampilan fisik, pengukuran, dan foto x-ray pada tulang belakang. Penanganan secara medis bergantung pada tingkat keparahan tulang belakang tersebut.

Penyebab lordosis adalah posisi duduk, kebiasaan tubuh yang salah, serta bawaan sejak lahir. Lordosis mengakibatkan perbedaan ketebalan tulang bagian depan dan belakang penderita. Lordosis juga menyebabkan ketegangan pada otot tulang punggung. Penderita lordosis akan sering mengalami sakit pinggang, distrofi otot, dysplasia pinggul, serta gangguan neuromuscular.

Akibat lain adalah nyeri kaki, perubahan usus, dan perubahan pada kandung kemih. Jika Anda mengalami kelainan lordosis ringan, pengobatannya dengan terapi rehabilitasi medik dan fisioterapi. Untuk kelainan lordosis yang berat, maka pengobatan ortese khusus (brace) harus segera dilakukan. Brace membantu memperbaiki posisi tulang belakang penderita.

Pencegahan sejak dini lordosis perlu dilakukan setiap individu. Pencegahan lordosis dapat dilakukan dengan cara mengubah posisi duduk yang benar, mengurangi ketegangan pada punggung, mengatur kaki dalam keadaan rileks sesering mungkin, menyesuaikan kursi dengan posisi postur tubuh Anda, meletakkan benda di tempat yang mudah terjangkau, menghindari penyebab rasa sakit pada pergelangan, berolahraga secara teratur, serta mengatur diet yang cukup kalsium dan vitamin D.

Pencegahan lain yang dapat dilakukan, yaitu menghindari posisi menyilangkan kaki. Posisi ini akan mengganggu sistem peredaran darah sehingga pinggang terasa sakit dan berlanjut pada kelainan sendi tulang.
Jika Anda tertarik dengan pengobatan herbal untuk kelainan lordosis, konsumsi mentimun dapat membantu jaringan otot (tendon, ligamen, kartilago) serta tulang berfungsi dengan baik.

Oleh sebab itu, kesehatan tubuh yang berhubungan dengan tulang harus dijaga dan dirawat sedini mungkin. Tindakan paling sederhana ialah rajin berolahraga. Olahraga secara tepat dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan mengurangi resiko penyakit pada tulang dan sendi. Semoga artikel penyebab lordosis tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Daftar Sungai-Sungai Yang Ada Di Indonesia Beserta Infonya
Sebelumnya: Penyebab Kegagalan Sebuah Anggaran Usaha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar