Apa Penyebab Nilai Tes Bicara Rendah Pada Seseorang?

Apa penyebab nilai tes bicara rendah pada seseorang? Mengapa kemampuan berbicara pada seseorang di ukur begitu penting? Selama ini sebagian besar orang menganggap bahwa kesuksesan masa depan seseorang terletak pada kecerdasan IQ (Intelegensia). Padahal EQ atau kecerdasan emosi turut berperan besar dalam membangun kesuksesan masa depan seseorang. Salah satu yang terkandung dalam kecerdasan EQ adalah kemampuan bicara yang ada pada dirinya.

Kemampuan Berbicara

Setiap orang yang normal secara fisik dapat berbicara. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan berbicara. Maksud kemampuan berbicara di sini adalah mengekspresikan atau mengatakan adanya ide, sebuah gagasan,  atau maksud tertentu yang ada di dalam pikiran dan perasaan yang ada didirinya.

Kemampuan berbicara ini sangatlah penting karena manusia di tuntut perannya sebagai makhluk sosial. Dengan adanya kemampuan berbicara, diharapkan seseorang tersebut dapat mengatasi problematika hidup yang dilaluinya. Bayangkan bila ada seseorang hanya cerdas secara IQ, namun tidak dapat mengekspresikan dan mengartikan situasi yang terjadi.

Bukankan hal seperti itu sama saja dengan kemampuan robot? Itulah tujuan dari kemampuan berbicara ini yaitu mampu mengkomunikasikan hal yang bersifat informasi dan bereaksi terhadap informasi tersebut. Kemampuan berbicara juga dapat di latih sejak kecil yaitu melalui pendidikan karakter di keluarga dan lingkungan sekolah. Selain itu kemampuan tes berbicara juga bisa di peroleh dengan mengikuti serangkaian tes bicara yang biasa diadakan praktisi ilmu psikologi.

Tes Bicara

Menurut beberapa pakar psikologi, bahwa tes bicara dapat diberikan kepada siapapun. Tes ini bertujuan untuk mengukur kecakapan seseorang dalam berbicara ketika berada di tengah lingkungan sosial. Tes ini juga bertujuan agar orang tersebut bisa berbicara di depan umum seperti  di depan forum musyawarah, di depan podium  dan sebagainya.

Adapun tes bicara yang diberikan secara umum meliputi merangkai kata atau kalimat mengenai sesuatu berdasarkan pikirannya secara lisan dan tulisan, mengungkapkan sesuatu hal dengan bercerita, mengatakan ide atau gagasan dengan cara berdiskusi, menjalani uji wawancara, dan menceritakan kembali suatu objek atau gambar. Rangkaian tes tersebut tentu akan mengukur tingkat responsif sehingga bisa menuntaskan permasalahan kemampuan berbicara pada seseorang.

Lalu ketika hasilnya didapatkan, apa penyebab nilai tes bicara rendah pada seseorang? Banyak faktor penyebabnya, seperti rendahnya pendidikan karakter ketika usia dini, rasa percaya diri yang rendah, pernah terisolasi dari keadaan atau lingkungan, pendidikan yang tidak memadai, serta faktor ekonomi yang dialaminya.

Dan ukuran mendasar yang mempengaruhi seseorang tersebut kemampuan bicaranya baik atau kurang adalah kondisi keluarga, peran orang tua, lingkungan rumah dan pendidikan yang ia dapatkan. Namun semua itu dapat diperbaiki atau ditingkatkan melalui perubahan tingkah laku dan tentu saja bersedia mengikuti tes kemampuan berbicara, itulah penyebab nilai tes bicara rendah.

Selanjutnya : Menu Makanan Anak Usia 9 Bulan
Sebelumnya: Referensi Nama Anak Menurut Bulan Kelahiran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...