Penyebab Orang Menjadi Gila dan Obatnya


Jika ditelusuri, penyebab orang menjadi gila sangat bervariasi. Kondisi kejiwaan yang dalam bahasa Inggris disebut dengan madness ini merupakan bentuk dari ketidaknormalan otak dalam bekerja sehingga si penderita tidak menyadari apa yang dilakukannya.

Penyebab Penyakit Gila

Depresi Berat

Dalam kajian ilmu psikologi, depresi diartikan sebagai sebuah kondisi yang tidak normal terkait dengan perasaannya, misalnya munculnya perasaan sedih berlarut-larut yang jika sampai menyebabkannya menjadi asosial maka kondisi ini dinamakan dengan gangguan depresi. Gejala-gejala yang ditunjukkan oleh orang yang depresi antara lain adanya perasaan malas untuk beraktifitas, hilangnya minat serta semangat dalam hidupnya, pola tidur yang terganggu dan sebagainya. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi penyebab dari depresi ini yakni faktor organobiologis, factor psikologis, serta faktor sosio-lingkungan.

Faktor organobiologis terjadi karena adanya kondisi tidak seimbang pada neurotransmitter yang ada di otak terutama di bagian serotonin. Faktor berikutnya adalah factor psikologis yang antara lain karena beban psikis yang berlebihan yang tidak dapat ditanggung oleh yang bersangkutan. Faktor ketiganya adalah masalah sosio-lingkungan yang dipicu oleh beberapa hal misalnya karena kehilangan mata pencaharian, baru mengalami bencana dan sebagainya.

Faktor Keturunan

Orang tua yang pernah divonis mengidap sakit jiwa kemungkinan besar akan memiliki keturunan yang juga sakit jiwa atau gila. Sebuah surat kabar yang terbit di Kalimatan menyebutkan bahwa di salah satu rumah sakit yang ada di Kalimantan, 60 persen pasiennya mengidap gangguan kejiwaan karena faktor keturunan.

Mereka umumnya menderita penyakit skizofrenia. Skizofrenia adalah salah satu penyakit yang terjadi karena ketidakseimbangan pada salah satu sel otak. Salah satu indikasi dari penyakit ini adalah adanya halusinasi. Penyakit ini bisa disembuhkan meski memakan waktu yang tidak sebentar.

Obat untuk Penyakit Gila

Gila adalah sebuah gangguan kejiwaan. Kondisi ini bisa juga disebut sebagai penyakit. Layaknya penyakit lain, penyakit gila ini juga ada obatnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh McLean Hospital di Belmont, Massachusetts menyebutkan bahwa obat untuk mengobati penyakit gila adalah dengan menanamkan pikiran postif serta mempertebal tingkat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Obat sakit gila itu sudah terbukti keampuhannya termasuk oleh para pasien rumah sakit itu.

Demikian sekilas tentang penyebab orang menjadi gila dan obatnya, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Makalah Kecelakaan Kerja
Sebelumnya: Mengatasi Gejala Stres Pada Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar