Penyebab Sakit pada Dada


Tahukah Anda penyebab sakit pada dada? Pernahkah Anda mengalami rasa sakit pada bagian dada? Sakit pada dada merupakan suatu penyakit yang sepertinya menjadi hal umum bagi semua orang. Tidak hanya pada pria maupun wanita, sakit dada juga bisa terjadi pada anak-anak, bahkan orang yang lanjut usia. Lalu, apa penyebab dari rasa sakit pada dada tersebut?

Sakit dada memang memiliki banyak latar belakangnya. Dimulai dari penyakit yang diderita hingga penyebab lain yang secara langsung menyebabkan rasa sakit pada bagian dada.

Namun, apapun itu alasannya, rasa nyeri pada bagian dada tetap haruslah di waspadai. Hal ini dikarenakan dada merupakan bagian yang paling vital pada tubuh, karena organ terpenting dari manusia yaitu jantung terdapat di bagia dada tersebut.

Secara umum, nyeri pada bagian dada bisa disebabkan oleh penyakit dari organ dalam dada. Organ-organ dalam di bagian dada ini tentunya sangatlah beragam, di antaranya adalah jantung dan paru-paru.

Penyebab rasa nyeri pada bagiaan dada bisa terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi pada paru-paru. Peradangan pada bagian paru-paru ini biasa disebut dengan radang pleura atau pleuritis.

Pada kasus sakit dada yang dikarenakan paru-paru ini, lapisan paru yang disebut dengan pleura menimbulkan rasa sakit yang cukup besar, sehingga rasa sakit itu kemudian juga merembet ke bagian tubuh luar, yaitu bagian dada.

Penyebab lain dari rasa sakit bagian dada adalah nyeri dada koroner. Nyeri dada koroner merupakan rasa nyeri pada bagian dada yang disebabkan oleh adanya rasa sakit pada jantung. Rasa sakit yang disebabkan oleh sakit jantung ini bisa berupa tekanan, sesak, sakit seperti diberi tekanan yang berat, panas, rasa sakit seperti diremas, dan lain sebagainya.

Umumnya, rasa sakit yang ditimbulkan karena sakit jantung ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti serangan jantung, kurangnya asupan oksigen pada jantung, penyakit jantung yang berat, dan lain sebagainya.

Karena efeknya yang sangat besar, rasa nyeri pada bagian dada ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Rasa nyeri pada bagian dada ini harus segera ditangani dengan baik dan dengan pertolongan medis. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang lebih berat dari sekedar rasa sakit pada dada itu sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab sakit pada dada yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Menjadi Kasus Ekonomi Negara Saat Ini
Sebelumnya: Penyebab Sakit Cangkrang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar