Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan


Tahukah Anda penyebab sakit perut sebelah kanan? Apa saja yang melatar belakangi sakit pada bagian perut sebelah kanan tersebut? Perut merupakan oragn tubuh yang berongga. Hal inilah yang menyebabkan di dalam perut terdapat banyak sekali organ-organ tubuh lainnya, seperti usus buntu, saluran kemih, usus besar, dan lain sebagainya.

Rasa sakit pada bagian perut memang menjadi suatu permasalahan yang mungkin dialami oleh hampir seluruh manusia. Tidak hanya karena menjaid gejala penyakit di daerah perut, rasa sakit pada bagian perut juga bisa dikarenakan oleh gejala-gejala lain, seperti penyakit saluran kemih, rasa lapar, dan lain sebagainya. Lalu apa yang melatar belakangi timbulnya rasa sakit di bagian perut sebelah kanan?

Rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu karena penyakit yang diderita atau rasa sakit yang disebabkan oleh efek dari sistematika tubuh. Untuk rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit, ada beberapa penyakit yang bisa menjadi faktor utamanya.

Beberapa penyakit tersebut di antaranya aalah sebagai berikut :

• Penyakit pada saluran penrcenaan

Penyakit yang terjadi pada saluran cerna bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan tertentu, seperti rasa sakit pada abdomen nonspesifik, appendicitis atau penyakit usus buntu, obstruksi usu halus dan juga kolon, perforasi pad peptic ulser, hernia inkarserata, perforasi usus atau diverticulitis.

• Penyakit pada bagian hati, limfa, dan empedu

Rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan bisa juga dilatar belakangi oleh rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit akut kolesistisis, penyakit akut kholangitis, hepatitis, penyakit limfa yang tidak berfungsi, abses hepar, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga penyebab lain dari rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan, yaitu penyekait pancreas, saluran kemih, seperti penyakit ginjal, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, rasa sakit yang timbul di sebelah kanan ini menjadi suatu hal yang harus diwaspadai. Tidak hanya karena terdapat organ-organ yang penting dalam bagian perut tersebut, tetapi juga karena terdapat banyak kemungkinan penyakit yang cukup berat dan membutuhkan penanganan medis yang cepat untuk menyembuhkannya.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab sakit perut sebelah kanan, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kata Bahasa Inggris Selamat Pagi dan Artinya
Sebelumnya: Penyebab Sakit Telinga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar