Penyebab Siklus Haid Normal ke Siklus Pendek


Masalah haid tampaknya sudah menjadi hal umum di kalangan wanita. Salah satu keluhan saat haid adalah terjadinya perubahan siklus haid yang semula normal mendadak menjadi pendek. Penyebab siklus haid normal ke siklus pendek kerap dikait-kaitkan dengan adanya penyakit, maka tak heran banyak wanita yang mengalami hal ini menjadi ketakutan.

Siklus normal berarti jarak antar haid tiap bulan selalu teratur. Sedangkan siklus pendek berarti haid di bulan berikutnya datang jauh lebih cepat. Bahkan, dalam sebulan bisa mengalami haid hingga dua kali. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dan semuanya tidak selalu berhubungan dengan penyakit.

Faktor Siklus Haid

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya perubahan siklus haid menjadi tidak teratur:

• Terjadinya gangguan pada fungsi hormon, khususnya hormon kewanitaan. Bisa jadi sistem hormon yang terlibat dalam produksi sel telur mengalami gangguan sehingga berpengaruh juga pada siklus haid.

• Siklus haid dipengaruhi oleh tingkat kegemukan seseorang. Terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa berpengaruh pada metabolisme sehingga menimbulkan efek samping pada siklus haid. Tapi umumnya orang yang mengalami peningkatan berat badan, siklus haidnya jadi lebih panjang dari siklus normal.

• Salah satu penyebab umum siklus haid berubah-ubah adalah kondisi mental atau jiwa. Seseorang yang sedang tertekan atau mengalami stres dalam jangka waktu cukup lama, bisa mengalami haid yang tidak teratur. Biasanya haid lebih cepat datang atau dalam satu bulan bisa lebih dari satu kali haid.

• Padat atau tidaknya aktivitas juga mempengaruhi siklus haid. Wanita yang terlalu lelah biasanya mudah mendapatkan siklus haid yang tidak teratur.

• Selain aktivitas, pola makan dan gaya hidup juga menjadi faktor penting dalam siklus haid. Pola makan yang tidak teratur dan nutrisi makanan yang tidak seimbang, hal-hal semacam itu dapat mengacaukan siklus haid normal seseorang.

• Adanya penyakit yang bersarang di organ kewanitaan Anda, misalnya saja kista. Hal ini umumnya kerap berpengaruh dan membuat siklus haid menjadi tidak normal.

Itulah beberapa kemungkinan tentang penyebab siklus haid normal ke siklus pendek. Tidak ada parameter pasti tentang mengapa siklus haid bisa berubah-ubah, karena itu ada baiknya apabila Anda langsung mengonsultasikan hal ini dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang mungkin membahayakan kesehatan Anda.

Selanjutnya : Cara Penyelamatan Gempa dan Tsunami
Sebelumnya: Bagaimana Cara Mengurus Usaha Kecil Menengah?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar