Penyebab Suara Berubah saat Pubertas pada Laki-laki

Tahukah Anda apa penyebab suara berubah pada saat pibertas, terutama bagi laki-laki? Mekanisme perubahan suara pada saat pubertas memang menjadi suatu hal yang sangat umum terjadi, khususnya bagi laki-laki yang tengah memasuki masa pubertas.

Secara umum, mekanisme ketika manusia bersuara merupakan suatu mekanisme atau fenomena biologis yang sangat menakjubkan. Proses lahirnya suara yang terjadi pada manusia diawali dengan aliran udara yang terdapat pada paru-paru.

Ketika udara yang keluar dari paru-paru tersebut keluar melalui mulut, udara tersebut kemudian dimanipulasi dengan berbagai cara sehingga menghasilkan suara.

Begitu menakjubkannya proses dihasilkannya suara menimbulkan banyaknya fenomena-fenomena yang menarik dari proses pembentukkan suara tersebut. Salah satu fenomena yang menarik untuk disimak dari proses suara adalah perubahan suara pada masa pubertas.

Pada masa pubertas, biasanya suara akan mengalami perubahan. Perubahan suara pada saat peralihan dari dewasa anak-anak menjadi suara dewasa. Ketika masa ;pubertas, seseorang akan mengalami perpecahan suara yang menyebabkan suara membesar.

Mengapa demikian? Proses suara pada dasarnya dimulai dari mengaktifkan terlebih dahulu mekanisme suara. Dimulai dari suara yang didorong dari paru-paru untuk dikeluarkan oleh otot diagfragma yang tengah mengalami relaksasi.

Udara yang dikeluarkan tersebut kemudian dialirkan melalui glottis yang terdapat pada laring. Setelah udara tersebut berada di dalam laring, udara akan dikeluarkan melalui pita suara yang berbentuk lubang kecil.

Karena lintasan pita suara berbentuk lubang kecil maka udara tersebut akan menggetarkan otot-otot yang terdapat pada pita suara yang kemudian menghasilkan fonasi atau suara sementara.

Suara sementara tersebut kemudian akan mengalami resonansi dan juga artikulasi. Dengan melalui tahapan-tahapan tersebutlah suara kemudian mulai terbentuk melalui mulut. Lalu, apa yang menyebabkan suara berubah ketika pubertas?

Secara umum, sifat suara yang dihasilkan bergantung pada beberapa hal, seperti ketegangan otot pita suara, pembukaan rmaglotis, tekanan udara, panjang pita suara, dan ketebalan suara.

Semakin orang tumbuh dan berkembang maka semkain besar pula komponen-komponen yang membentuk suara yang dihasilkan. Oleh karena itulah, suara akan berubah seiring dengan berjalannya waktu dan pertumbuhan seseorang.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab suara berubah pada laki-laki yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Penyebab Telat Menstruasi pada Remaja
Sebelumnya: Kata Bijak Pepatah Orangtua untuk Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar