Penyebab Telat Menstruasi pada Remaja


Tahukah Anda penyebab telat menstruasi pada remaja? Telat menstruasi pada wanita yang sudah menikah mungkin menjadi sebuah pertanda kehamilan. Namun, bagaimana jika telat menstruasi tersebut terjadi pada remaja?

Telat menstruasi memang menjadi sebuah mekanisme biologis yang mungkin sebagian besar wanita alami ketika remaja. Siklus menstruasi yang tidak teratur pada remaja secara umum dikarenakan sistem reproduksi masih belum sempurna terbentuk.

Selain itu, terlambatnya menstruasi juga dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan terlambatnya menstruasi ini bisa disebabkan oleh pola hidup dan pola makan remaja. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya telat menstruasi pada wanita :

• Stress

Stress yang dialami oleh para wanita dapat menjadi salah satu faktor terjadinya telat datang bulan pada wanita, baik itu dewasa maupun remaja. Stress yang dapat mempengaruhi peningkatan hormonal pada tubuh menyebabkan siklus menstruasi terganggu, sehingga keterlambatan menstruasi pun terjadi secara tidak langsung.

• Hormon yang Tidak Seimbang

Selain stress, penyebab terjadinya keterlambatan menstruasi adalah ketidakseimbangan hormone dalam tubuh. Secara umum, ketidakseimbangan hormone dalam tubuh sangatlah bermacam-macam.

Namun, ketidakseimbangan yang terjadi ketika menstruasi terlambat datang adalah ketidaksimbangan hormone dalam bentuk sindrom. Sindrom tersebut bernama sindrom ovarium polikistik. Sindrom ketidakseimbangan hormone ini menyebabkan amenore, sehinga menstruasi terganggu.

• Kurang Gizi

Asupan gizi juga mempengaruhi kelangsungan menstruasi pada wanita. Kurangnya asupan gizi pada tubuh dapat menyebabkan keterlambatan pada saat menstruasi. Biasanya, wanita yang memiliki riwayat kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang drastic.

Wanita yang memiliki tubuh sangat kurus, wanita yeng melakukan diet ketat, atau wanita yang memiliki masalah pada pola makan, seperti anoreksia atau bulimia seringkali mengalami gangguan pada saat datangnya menstruasi tersebut.

• Penggunaan Obat-obatan

Selain faktor-faktor secara internal, penyebab terjadinya siklus menstruasi terganggu ini diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, seperti jenis obat Corticosteriods oral, antidepresan, antipsikotik, tiroid, dan juga beberapa jensi obat lainnya yang berhubungan denan penggunaan obat kemoterapi. Obat-obat tersebut dikatakan bahwa dapat mempengaruhi dan juga menyebabkan terjadinya keterlambatan datanganya menstruasi.

Penyebab-penyebab lain dari terlambatnya datang bulan pada remaja adalah adanya penyakit kronis, terdapat tumor dalam tubuh, wanita yang tengah mengalami tiroid, atau pun olahraga berat dapat mengganggu kesehatan reproduksi wanita.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab telat menstruasi pada remaja, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Jenis dan Ukuran Pesawat Udara serta Landasannya
Sebelumnya: Penyebab Suara Berubah saat Pubertas pada Laki-laki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar