Faktor Penyebab Terjadinya Kemiskinan Terus-menerus


Penyebab terjadinya kemiskinan perlu kita ketahui karena tingkat kemiskinan setiap tahun selalu bertambah di setiap Negara. Keadaan seperti ini akan lebih terlihat jika berkunjung ke kota-kota besar.

Apalagi, di kota-kota besar Indonesia. Di daerah bantaran sungai, bahkan di pantai pun tidak lepas dari pemukiman-pemukiman kumuh. Tentu penghuni pemukiman tersebut adalah masyarakat yang tergolong sebagai warga kurang mampu.

Penyebab Kemiskinan

Pertambahan jumlah angka kemiskinan tentu akan menambah beban pemerintahan untuk segera mengentas kehidupan masyarakat yang kurang mampu. Berulang kali, pemerintah melakukan program pengentasan kemiskinan, seperti membagikan dana untuk warga yang kurang mampu. Namun, program ini juga tidak mendatangkan buah manis.

Salah satu penyebab kemiskinan yang terjadi di negara-negara berkembang adalah semakin bertambahnya jumlah pengangguran. Jika lebih banyak pengangguran daripada masyarakat yang bekerja tentu akan menyulitkan sebuah bangsa untuk berkembang.

Pertumbuhan penduduk yang padat dengan tidak disertai lapangan pekerjaan yang memadai akan menambah masalah baru. Dengan maraknya pengangguran, masyarakat akan kehilangan kreativitasnya seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu, pendidikan yang rendah juga menjadi pemicu terbentuknya kemiskinan. Masyarakat yang berpendidikan rendah akan kalah jika dibandingkan dengan masyarakat yang berpendidikan tinggi. Perusahaan-perusahaan juga lebih menyukai mempekerjakan karyawan yang memiliki pendidikan dan terampil, sehingga perusahaan pun akan memperoleh hasil yang seimbang.

Faktor alam pun turut menjadi faktor penyebab kemiskinan. Misalnya, telah terjadi bencana alam tanah longsor hebat di suatu desa. Sebagian besar rumah dan harta benda ludes tertimbun tanah menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi korban. Karena korban tidak mempunyai harta benda lagi, maka korban tidak bisa mencukupi kehidupan sehari-hari.

Penanggulangan Kemiskinan

Hal yang sekiranya dapat menanggulangi kemiskinan adalah pemerintah memberikan pendidikan yang layak kepada masyarakat. Setidaknya, pemerintah membangun lembaga untuk menambah keterampilan bagi masyarakat berpendidikan rendah. Bantuan dana memang akan membantu, tapi itu hanya bersifat sementara saja. Begitu dana yang diberikan sudah habis, maka masyarakat akan meminta lagi.

Untuk masyarakat sendiri harus mau berusaha untuk lebih baik. Jangan hanya berpangku tangan. Jika tidak mendapatkan pekerjaan, bisa juga mencoba berwirausaha dengan menggunakan keterampilan yang dimiliki.

Faktor penyebab terjadi kemiskinan dapat segera ditanggulangi jika pemerintah dan masyarakat saling menyadari posisi masing-masing dan tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi. Peran pemerintah dan masyarakat sangat penting dengan cara bekerja sama untuk mengentaskan kemiskinan.

Selanjutnya : Faktor-faktor Pengangguran dalam Sudut Pandang Pendidikan
Sebelumnya: Fakta Mengenai Efek Nanas terhadap Kandungan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar