Penyebab Terjadinya Pengangguran


Penyebab terjadinya pengangguran sudah tentu sangat berkaitan dengan pekerjaan. Pernyataan tersebut kemudian mengarahkan pada alasan sempitnya lapangan pekerjaan atau ketidakmampuan pengusaha untuk menyerap angkatan kerja. Pemahaman tersebut, tidak lah salah meski faktor penyebab terjadinya pengangguran sangat lah banyak. Untuk mengetahui penyebab terjadinya pengangguran, mari kita simak bahasan berikut.

Jumlah Penduduk dan Ketersediaan Lapangan Pekerjaan

Jumlah penduduk Indonesia yang menempati urutan ke-4 terbesar di dunia, secara positif bisa dikatakan sebagai penyedia sumber daya manusia terbesar. Namun jika tidak ditangani dengan baik, jumlah penduduk yang terus bertambah dan meningkat akhirnya bisa menyebabkan ledakan penduduk yang tidak produktif.

Berkaitan dengan hal tersebut, jumlah penduduk yang banyak tentu akan menghasilkan masalah, terutama dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Jika sektor pekerjaan yang ada tak sanggup menampung atau tak sebanding dengan jumlah angkatan kerja, masalah pengangguran akan menjadi masalah utama dalam pembangunan ekonomi.

Selain itu, jumlah penduduk yang banyak akan berdampak pada penyempitan lahan. Penyempitan lahan yang ditandai dengan alih fungsi lahan terutama lahan pertanian menjadi lahan pemukiman. Alih fungsi lahan tersebut, secara langsung  akan menyebabkan penduduk di suatu wilayah kehilangan pekerjaan terutama mereka yang bergerak di sektor pertanian.

Alih fungsi lahan dari sektor pertanian menjadi pemukiman, seharusnya lebih diperhatikan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya migrasi penduduk secara besar-besaran dari satu wilayah ke wilayah lain yang menyediakan kesempatan kerja. Migrasi besar-besaran akan menyebabkan tingginya kompetisi pencari kerja di satu wilayah.

Sementara kita tahu bahwa jumlah lapangan pekerjaan selalu tak sebanding dengan jumlah angkatan kerja. penduduk yang tak mampu diserap oleh lapangan pekerjaan, pada tahap tertentu akan menyebabkan masalah sosial-ekonomi di wilayah tersebut.

Kualitas Sumberdaya Manusia

Pertumbuhan sektor-sektor pekerjaan formal di berbagai wilayah, seharusnya diikuti dengan pertumbuhan kualitas sumber daya manusia, terutama di bidang pendidikan. Hal tersebut adalah hal yang sangat berkaitan, karena sektor formal pada umumnya memiliki syarat standar pendidikan formal.

Ketidakmampuan angkatan kerja untuk memenuhi persyaratan formal tersebut, menyebabkan persaingan semakin besar. Anggap saja beberapa perusahaan membutuhkan tenaga kerja di luar syarat formal tersebut sebagai petugas kebersihan atau office boy.

Kenyataannya, lowongan pekerjaan yang terbuka untuk pekerjaan tersebut, tak terlalu banyak. Dengan kata lain, kuantitas pekerjaan di bidang itu dalam satu perusahaan tidak lah terlalu banyak. Artinya, perusahaan tidak mampu menyerap tenaga kerja yang tidak memiliki persyaratan akademis. Akibatnya, adalah terjadinya pengangguran. Penyebab terjadinya pengangguran adalah hasil dari rentetan masalah dalam berbagai bidang sosial.

Selanjutnya : Apa Bahan Bakar Alat Eskavator?
Sebelumnya: Penyebab Kebudayaan Daerah Mulai Hilang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar