Peta Penyebaran Hindu dan Budha


Anda pasti sudah tahu jika Agama Hindu dan Buddha berasal dari India, yang  kemudian menyebar ke wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Namun, Tahukah Anda Bagaimana Peta Penyebaran Hindu dan Budha?

Letak Indonesia dinilai sangat strategis, yakni di antara benua Asia dan Australia dan di antara samudra, Indonesia dan Pasifik yang merupakan daerah lalu lintas perdagangan dunia. Pada awal abad masehi, jalur perdagangan dialihkan menjadi jalur laut yang mengakibatkan perdagangan antara Cina dan India harus melewati selat Malaka.

Nah, pada saat itu indonesia ikut berperan aktif dalam hubungan perdagangan tersebut, sehingga tak mengherankan jika terjadi kontak antara Indonesia dengan India dan juga Indonesia dengan Cina. Inilah yang menjadi salah satu Penyebab Masuknya beberapa budaya India dan Cina ke Indonesia.

Teori Menurut Ahli

Meskipun penjelasan di atas menunjukkan bahwa pintu masuknya penyebaran hindu dan budha terletak di Selat Malaka, namun beberapa ahli memiliki pendapat sendiri mengenai proses penyebaran agama hindu dan budha. Berikut ini beberapa teori masuknya Hindu dan Buddha di Indonesia menurut para ahli.

Prof.Dr.Ir.J.L. Moens mengatakan bahwa yang membawa agama Hindu ke Indonesia adalah kaum ksatria atau golongan prajurit.

Sementara, Dr.N.J.Krom, berpendapat jika masuknya agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang ke Indonesia.

J.C.Vanleur mengatakan jika agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana.

Von van Faber, mengatakan bahwa masuknya agama Hindu ke Indonesia karena dibawa oleh kasta sudra.

Meskipun beberapa pendapat tersebut mengatakan bahwa Penyebaran Hindu Budha ke Indonesia dengan cara yang berbeda, namun hanya pendapat Dr.N.J.Krom yang menyatakan bahwa masuknya kedua agama tersebut adalah karena proses perdagangan.

Perubahan Kehidupan

Anda pasti ingin mengetahui perubahan mendasar akibat masuknya pengaruh unsur kebudayaan Hindu dan Buddha dari India kepada orang Indonesia. Di antaranya adalah dalam bidang pemerintahan, arsitektur, bahasa, sastra, dan yang paling menonjol adalah agama.

Seperti yang kita ketahui jika sebelumnya, masyarakat Indonesia menganut Kepercayaan animisme dan dinamisme. Kemudian, sejak mereka berinteraksi dengan orang India, mereka mulai menerima kepercayaan baru, yaitu agama Hindu dan Buddha.  Perubahan besarpun terjadi pada kehidupan keagamaan, seperti tempat ibadah, upacara pemujaan, tata krama, dan sebagainya.

Selanjutnya : Penyebab Terjadinya Kerusuhan Antar Suku di Indonesia
Sebelumnya: Kepanjangan SIUP dan Masalah Pengurusannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar