Cara Penyelamatan Gempa dan Tsunami


Masih kita ingat musibah gempa tsunami yang hebat di Indonesia, tepatnya di Aceh. Pada waktu itu terjadi di tahun 2004 dan memakan banyak korban, banyak yang meninggal dan luka parah. Saat itu Indonesia menangis, banyak kesedihan disana. Tentunya kita tidak ingin hal ini terulang lagi, jikapun mengharuskan terjadi lagi kita bisa melakukan penyelamatan gempa dan tsunami.

Gempa sendiri merupakan getaran yang terjadi di kulit bumi, sedangkan tsunami adalah terjadinya gelombang laut yang ditimbulkan gangguan di bawah dasar laut, lalu bisa menimbulkan terjadinya pasang laut yang besar.
Adanya gempa dan tsunami tentu sangat membahayakan jiwa, apalagi gempa yang mempunyai kekuatan besar. Bahkan membuat orang panik dan kebingungan apa yang harus mereka lakukan dan bagaimana menyelamatkan diri.

Cara Mengatasi Kepanikan

Ada beberapa cara mengatasi kepanikan dan melakukan penyelamatan dalam musibah gempa dan tsunami:

1. Carilah tempat yang aman untuk berlindung, misalnya ketika di dalam rumah atau gedung yang tidak memungkinkan secepatnya keluar ruangan, sebaiknya bersembunyilah ke kolong meja untuk melindungi diri dan kepala dari benda-beda yang terjatuh.

2. Ketika ada getaran gelombang di pesisir pantai, segeralah menjauh dari pantai secepat mungkin. Jangan sampai gelombang tsunami menelan anda dengan terjangan airnya yang kuat.

3. Berlarilah ke daratan yang lebih tinggi, hingga air tidak bisa naik.

4. Ketika anda berada di jalan raya dan merasakan gempa, pelankan laju mobil anda. Minggirlah di tempat yang aman, jauh dari tiang dan pohon.  Agar mobil anda tidak tertimpa.

5. Ketika musibah terjadi pertama-tama anda harus menenangkan diri anda, jangan panik dan tetap melakukan perlindungan terhadap diri sendiri.

6. Lakukan pertolongan pertama ketika anda masih bisa membantu orang lain, jangan hanya berharap terhadap petugas penyelamatan karena terkadang mereka kewalahan.

7. Ketika gempa sudah mereda namun masih mengkhawatirkan untuk kembali ke rumah, maka yang harus dilakukan ambillah barang-barang yang diperlukan. Jangan terlalu banyak, hal ini akan merepotkan.

8. Penyelamatan diri sebaiknya dengan berjalan kaki, dengan menaiki kendaraan akan menimbulkan kemacetan apalagi dengan banyaknya orang yang sibuk menyelamatkan diri masing-masing. Hal ini juga akan menyulitkan.

Diatas merupakan beberapa cara penyelamatan gempa dan tsunami, semoga cara-cara tersebut bisa membantu dan bisa mengantisipasi serta tanggap ketika bencana itu terjadi.

Selanjutnya : Materi Penyuluhan Diare PPt
Sebelumnya: Penyebab Siklus Haid Normal ke Siklus Pendek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar