Tahap Penyembuhan Demam Berdarah

Demam berdarah adalah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya jika penanganannya tidak dilakukan sesuai prosedur. Bahkan, keterlambatan dalam penanganan dan penyembuhan demam berdarah dapat mengakibatkan kematian pada penderita.

Sebenarnya, demam berdarah itu merupakan penyakit akibat infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus ini dibawah oleh nyamuk dan menularkannya ke manusia melalui tusukannya. Tahap penyembuhan demam berdarah penting untuk kita pahami sebab ada fase yang nampaknya melegakan tetapi sebenarnya justru sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Fase tapal kuda lebih sering kita kenal untuk kondisi yang terjadi pada penderita demam berdarah ini.

Jika seseorang terkena serangan demam berdarah maka akan merasakan nyeri yang begitu hebat. Rasa nyeri tersebut dapat terasa hingga tulang belulang terasa patah. Tetapi, setidaknya untuk penyakit demam berdarah ini dapat kita perhatikan beberapa gejalanya, yaitu sakit kepala, nyeri otot dan sendi, dan kulit kelihatan kemerahan sehingga seperti sedang menderita sakit campak. Akibat demam berdarah ini setidaknya ada dua yaitu kebocoran pembuluh darah dan tekanan darah yang turun secara drastis dan turunnya trombosit darahnya. Hal ini jelasĀ  sangat berbahaya bagi penderita jika tidak ditangani secara benar.

Langkah Sederhana untuk Penderita Demam Berdarah

Apabila seseorang terindikasi kena serangan demam berdarah, maka kita harus segera melakukan proses penyembuhan. Langkah-langkah ini merupakan langkah cepat untuk penderita. Jangan sampai terjadi keterlambatan dalam penanganan sebab sangat fatal akibatnya. Oleh karena itulah, maka kita perlu memahami gejala-gejala yang menunjukkan serangan virus demam berdarah.

Jika penderita terindikasi serangan virus yang belum parah, maka langkah efektif penyembuhannya adalah dengan meminum cairan yang cukup sesuai jatah minuman untuk tubuh dalam keseharian. Tetapi, jika penderita sudah cukup parah, maka dia harus diberi tambahan cairan melalui infus, bahkan transfusi darah untuk menambah jumlah darah bersihnya.

Tahap Penyembuhan Demam Berdarah

Ada empat tahapan serangan virus demam berdarah yang menyebabkan seseorang sakit, yaitu fase demam tinggi, fase kritis, fase penyembuhan dan tahap penyembuhan. Keempat tahapan atau fase ini harus ditangani dengan sebaik-baiknya tidak membahayakan penderita. Setiap fase merupakan lanjutan dari fase sebelumnya. Jika fase awal tidak segera kita tangani, maka akan berlanjut ke fase selanjutnya, begitu seterusnya. Hingga jika tidak tertangani, maka penderita dapat langsung mencapai fase kritis dan akhirnya tidak tertolong.

Fase demam tinggi, fase kritis adalah fase yang sangat berbahaya bagi penderita. Kita seringkali lalai pada fase ini sehingga tanpa kita sadari penderita sudah parah dan tidak tertolong lagi. Fase penyembuhan demam berdarah pada umumnya terjadi pada hari ke- 6 sampai ke-7 dari saat terkena serangan demam berdarah.

Tahap penyembuhan demam berdarah memang membutuhkan penanganan yang teliti agar penderita dapat tertolong secara medis dan bebas dari virus demam berdarah.

Loading...
Selanjutnya : Nama-nama Organisasi Internasional
Sebelumnya: Tahapan Dalam Mendirikan Koperasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar