Penyebab Penyimpangan Sosial Individu


Saat ini penyimpangan yang terjadi di dunia tak hanya penyimpangan dari segi kepercayaan/agama. Penyimpangan yang berasal dari diri juga bisa menyebabkan kekacauan. Penyimpangan sosial indovidu lambat laun akan berakibat banyak bagi generasi penerus bangsa yang nihil dari segi moralitas.

Setiap individu memiliki sikap dan perilaku yang berbeda-beda, karena pada dasarnya manusia itu memiliki ciri dan keunikannya masing-masing. Namun terkadang manusia memiliki tindakan yang diluar norma dan batas kewajaran seorang manusia. hal tersebutlah yang dinamakan dengan penyimpangan.

Penyimpangan Sosial

Penyimpangan pada tindakan manusia dibedakan menjadi 2, yaitu penyimpangan individu, dan penyimpangan sosial. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali penyimpangan individu yang terjadi dan berakibat besar bagi kelangsungan kehidupan seseorang. Bahkan yang lebih parah lagi, dapat berpengaruh kepada lingkungan sekitarnya.

Tindakan seorang manusia pada dasarnya diatur oleh norma dan hukum yang berlaku. Saat seseorang sudah diluar batas norma dan hukum, maka akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang paling sering kita temukan adalah seorang anak dibawah umur yang telah menjadi perokok aktif, seorang siswa yang mencontek, seorang anak yang mencuri, membunuh, bahkan melakukan tindak asusila.

Ganjaran yang diterima tentu bersifat hukum, mulai dari teguran hingga kurungan penjara. Sanksi ini diberikan demi memberikan efek jera dan membuat orang tersebut dapat menaati norma dan hukum yang berlaku.

Faktor penyebab penyimpangan ini ada dua macam, yang pertama adalah faktor subjektif yang berasal dari individu itu sendiri seperti bawaan lahir atau sifat, dan faktor objektif yang berasal dari lingkungan tempat individu itu berasal seperti perceraian kedua orang tua, kurang mendapat perhatian dan lain sebagainya.

Untuk itu diperlukan kerjasama semua pihak dalam sebuah keluarga untuk menjadikan seorang anak memiliki sikap tanggung jawab dan bisa menaati norma yang berlaku. Keadaan keluarga yang tidak harmonis seharusnya bisa diminimalisasi dengan menurunkan ego dari pasangan suami istri, sehingga anak-anaka mereka tidak menjadi korban.

Demikianlah penyimpangan sosial individu yang terjadi di kalangan masyarakat saat ini. Semoga bermanfaat dan bisa manjadi bahan renungan Anda.

Selanjutnya : Peradaban Kuno yang Ada di Eropa
Sebelumnya: Berkenalan dengan Bassist Band Kotak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar