Penyimpangan yang Terjadi pada Demokrasi Terpimpin

Apa saja penyimpangan yang terjadi pada demokrasi? Dalam pemerintahan suatu negara kita mengenal istilah demokrasi. Demokrasi itu sendiri merupakan sistem pemerintahan yang memberikan kekuasaan tertinggi pada rakyat. Sehingga dalam sebuah parlemen ada perwakilan rakyat yang membawa aspirasi rakyat agar segala sesuatunya berpihak pada rakyat.

Menurut John L. Esposito Demokrasi itu ketika sebuah negara memberikan kekuasaan penuh di tangan rakyat. Rakyat berhak berperan aktif dan berpartisipasi penuh dalam mengawasi suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Dalam negara yang menerapkan demokrasi ada pemisahan antara lembaga yudikatif, legislatif, dan eksekutif.

Loading...

Secara umum kita mengenal ada 3 demokrasi, yakni demokrasi liberal. Demokrasi pancasila dan demokrasi terpimpin. Ketiga sistem demokrasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan ketika harus diaplikasikan di Indonesia.

Demokrasi liberal adalah sistem politik yang sangat melindungi hak individu secara hukum dari kekuasaan pemerintah. Kemerdekaan berbicara, berpendapat, dan menolak keputusan pemerintah yang dianggap merugikan orang banyak maka rakyat atau individu bisa menolak.

Dalam menegakkan negara diambil dari rapat musyawarah para wakil rakyat. Sebaliknya pemerintah dalam membuat keputusan juga harus mempertimbangkan suara rakyat semua harus tercantum dalam konstitusi. Sehingga bila terjadi sesuatu mudah menggugatnya.

Demokrasi Pancasila. Karena landasan bernegara bangsa Indonesia itu Pancasila. Demokrasi pancasila konsepnya sangat bagus karena mengandung kelima unsur yang ada dalam butir butir pancasila. Ada unsur religius, budi pekerti yang luhur, cinta tanah air, berusaha membela yang benar, gotong royon,g dan memiliki kepribadian Indonesia yang khas ramah, jujur dan sopan. Unsur kekeluargaan sangat kental sehingga kebebasan individu juga dibatasi agar terhindar dari kesan “semau gue”

Bagaimana dengan demokrasi terpimpin? Bisa dikatakan bahwa demokrasi terpimpin adalah lawan demokrasi liberal karena keputusan dan pemikiran berpusat pada pemimpin negara. Demokrasi terpimpin pernah diterapkan di Indonesia pada tahun 1957-1965 pada masa pemerintahan presiden Soekarno.

Sistem demokrasi terpimpin ciri khasnya adalah menerapkan sila keempat dari pancasila yakni” Kebijaksaan yang dipimpin oleh khidmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan keadilan.” Hal ini dideklarasikan oleh presiden Soekarno tanggal 10 November 1956 dalam sebuah sidang konstituante.

Kemudian ada dekrit presiden di tahun 1959 yang memberlakukan demokrasi terpimpin setelah Ali Sastroamidjoyo menundurkan diri sebagai perdana menteri. Sayangnya demokrasi terpimpin yang dilaksanakan presiden Soekarno dalam perjalanan memimpin bangsa ini terjadi banyak penyimpangan.

Penyimpangan yang terjadi pada demokrasi antara lain sebagai berikut.

  1. MPRS (Majlis Permusyawaratan Rakyat Sementara) telah mengangkat presiden Soekarno sebagai presiden seumur hidup. Ini betentangan dengan UUD 1945 bab III pasal 7.
  2. Presiden Soekarno membentuk MPRS. Padahal seharusnya itu hak rakyat untuk memilih wakilnya dengan mengadakan Pemilu. Jelas bertentangan dengan UUD 1945.
  3. Presiden Soekarno membubarkan DPR dan membentuk DPR GR (gotong Royong) pada tahun 1960.
  4. Presiden Soekarno membentuk DPAS (Dewan Pertimbangan Agung sementara) Berdasarkan Penetapan Presiden No.3 tahun 1959.
  5. Pesiden Soekarno membentuk Front Nasional berdasarkan Penetapan Presiden No.13 Tahun 1959. Front Nasional merupakan sebuah organisasi massa yang memperjuangkan cita-cita proklamasi dan cita-cita yang terkandung dalam UUD 1945.
  6. Presiden Sukarno menetapkan ajaran Resopim ( Revolusi, Sosialisme Indonesia, dan Pimpinan Nasional) diumumkan pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-16.
  7. ABRI berpihak pada pemerintah. Hampir sepertiga menteri cabinet kerja diambil dari ABRI.

Karena penyimpangan yang terjadi pada demokrasi terpimpin terlalu banyak dan melukai hati rakyat. Hingga pada akhirnya dibubarkan.

Loading...
Selanjutnya : Minyak Kasturi - Salah Satu Nama Minyak Wangi Terbaik
Sebelumnya: Nabi Sulaiman AS Adalah Nabi yang Bisa Berbicara dengan Hewan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar