Pepatah Orang Belanda dan Maknanya


Bahasa menunjukkan sebuah bangsa. Setiap penududuk yang tinggal di suatu negara tertentu, tentu saja memiliki bahasa dan logat tertentu. Untuk menyampaikan suatu maksud, seringkali kita salah pemilihan diksi. Sehingga, membuat lawan bicara kurang senang. Oleh karena itu, untuk menyampaikan suatu nasihat bijak, dapat disampaikan melalui kata-kata indah seperti pepatah. Berbagai negara memiliki pepatah yang populer masing-masing. Salah satu pepatah yang menarik adalah pepatah orang Belanda.

Pada umumnya, sebuah pepatah pada setiap negara dan suku yang berbeda memiliki maksud yang sama. Hanya saja, penyampaian bahasa dan pemilihan diksi kata yang berbeda. Di Belanda, ada beberapa pepatah yang mengandung pesan-pesan bijaksana. Pesan-pesan ini disampaikan untuk memberi nasihat pada banyak orang mengunakan bahasa yang lebih enak didengar dan tidak membuat objek tersingung.

•    Weet wat je zegt, maar zeg niet alles wat je weet. Pepatah berbahasa Belanda ini memiliki sebuah pesan bahwa setiap kita harus mengetahui dan bertanggung jawab atas semua yang kita katakan. Namun, kita tidak perlu mengatakan semua yang kita ketahui.

•   Wat gebeurd is is niet meer terug te draaien. Ini adalah salah satu pepatah yang sebenarnya memiliki makna yang sama dengan pepatah dalam bahasa Indonesia. Pepatah ini memiliki makna nasi telah menjadi bubur. Dapat disimpulkan maksud dari makna tersebut, yaitu sesuatu yang sudah terlanjur terjadi tidak akan bisa kembali menjadi seperti semula.

•   Moellijkheden die u niet klein krijgen, maken u groot. Pepatah ini adalah salah satu pepatah yang bijaksana dan membesarkan hati kita saat kita mengalami kesulitan. Makna yang terkandung dalam pepatah ini adalah tentang keberanian kita saat menghadapi kesulitan. Apabila kita mampu dan berani menghadapi kesulitan, maka apabila kita mengalami kegagalan atas usaha kita, kita tetap mendapatkan pelajaran berupa kebijaksanaan dan kebesaran hati.

Melalui sebuah pepatah, kita akan dapat mengambil pelajaran. Karena sesungguhnya, sebuah pepatah terlahir dari sebuah pengalaman hidup penyampai pepatah tersebut. Maka kandungan pepatah orang Belanda pun memiliki makna yang dalam dan bijaksana. Kita dapat mengambil berbagai pelajaran dari pepatah-pepatah yang ada.

Selanjutnya : Berbagai Contoh Proposal Kesehatan Masyarakat
Sebelumnya: Manfaat Jambu Biji untuk Anemia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar