Mengetahui Peradaban Cina Asia Timur

Peradaban Cina Asia Timur merupakan salah satu peradaban tua di dunia. Cina memiliki wilayah yang paling luas di kawasan Asia Timur. Konsistensi peradaban dan kesetiaan masyarakatnya terhadap budaya yang mereka bangun menjadikan peradaban Cina menjadi peradaban yang kuat dan memberikan banyak pengaruh terhadap wilayah negara lain di kawasan Asia Timur bahkan wilayah dan negara lain di dunia.

Masyarakat Cina dikenal memiliki etos kerja yang tinggi, pantang menyerah, dan tidak pernah melupakan dari mana mereka berasal meskipun telah merantau ke seluruh penjuru dunia.

Hal-hal tersebut yang menjadikan peradaban Cina sebagai peradaban yang memiliki banyak pengaruh di dunia. Selain itu, peradaban Cina juga didukung oleh wilayahnya yang subur dan luas serta jauh dari pusat peradaban lainnya seperti peradaban Mesopotamia maupun peradaban tua lainnya.

Dengan letaknya yang berada di Timur jauh menjadikan Cina berjuang untuk membangun peradabannya sendiri melalui perkembangan pertanian, pemanfaatan sumber daya alam, kelautan, peternakan, kesenian, dan arsitektur.

Selain oleh perkembangan beberapa hal yang telah disebutkan. Peradaban Cina juga dipengaruhi oleh pemegang kekuasaan atau dinasti. Diawali oleh masa Dinasti Shang, dinasti ini mendorong peradaban Cina melalui industri kerajinan tangan yang menghasilkan barang-baranng mewah serta industri ulat sutra yang menghasilkan kain sutra.

Bentuk pemerintahan kerajaan pada dinasti ini memanfaatkan rakyat miskin yang menjadi budak untuk bekerja dalam bidang pertanian dan industri.

Selanjutnya Dinasti Chin, dinasti inilah yang dikenal sebagai peletak pertama pembangunan tembok besar Cina yang menjadi warisan dunia. Pada masa dinasti ini, masyarakat Cina tidak lagi melakukan sistem pertanian dengan pembagian tanah yang dilakukan oleh pemerintah, petani pemilik lahan dapat dengan bebas melakukan jual beli lahan.

Dilanjutkan oleh Dinasti Han, Dinasti Sui dan Tang, serta Dinasti Shung yang membawa Cina pada perekonomian bebas dan mengembangkan pelayaran sehingga Cina memiliki jalur perdagangan yang hampir menyebar ke seluruh dunia.

Sebagai bangsa dengan peradaban yang besar, Cina juga pernah dikuasai oleh bangsa lain yaitu bangsa Mongolia. Mongolia merupakan bangsa penguasa perang yang memiliki kekuasaan yang luas dikawasan Asia Timur.

Pada masa Mongolia yang dikuasai oleh Jenghis Khan Cina mengalami penderitaan, meski demikian kekuatan armada laut Cina semakin meningkat dan membawa peradaban Cina Asia Timur kepada dunia.

Loading...
Selanjutnya : Perkembangan Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris
Sebelumnya: Komposisi dalam Fotografi Makro
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar