Peradaban Cina terhadap Peradaban di Indonesia

Indonesia di banyak diadopsi oleh cina, termasuk makanan. Capcay, mie, dan bihun adalah salah satu makanan yang sebenarnya berasal dari cina. Bahkan kecap yang banyak digunakan warga pribumi ketika memasak juga berasal dari cina. Peradaban Cina terhadap peradaban di Indonesia masih kita temukan tentang beberapa mitos yang masih beredar.

Misalnya orang-orang pada jaman dahulu masih mempercayai tentang garis tangan maupun tanda tanda yang ada di dalam tubuh kita seperti tai lalat, bentuk alis maupun bentuk tubuh yang lain sebagai menanda karakter seseorang. Ternyata ilmu-ilmu semacam ini berasal dari Cina.

Loading...

Peradaban Cina

Dinasti Tang dan Ming, pernah mendengar sebelumnya? Dinasti Tang inilah yang menyebarkan agama Islam ke Indonesia. Dinasti tang saat itu di pimpin oleh Taizong, dia adalah salah satu orang yang membangun Hongwen, hongwen merupakan istana. Taizong juga memberikan ketrampilan bagi pelajar untuk menulis sebuah kaligrafi yang diwajibkan untuk semua pejabatan yang memiliki kedudukan diatas kelima.

Dinasti ming didirikan akibat dari pemberontakan petani, dimana para petani saat itu mengalami penjajahan secara tidak langsung, mereka dibebankan pajak yang mahal demi menghidupi dinasti yuan yang berasal dari bangsa Manggol. Pada pemerintahan dinasti yuan ditakuti oleh rakyatnya, karena dinasti ini sering memberlakukan rakyatnya secara kejam.

Akibat permasalahan yang terjadi inilah kemudian muncullah kaisar dari Dinasti Ming yang bernama Zhu Yuanzhnag. Kaisar satu ini sangat pandai mengurusi dan mensiati kekurangan logistic, bahkan sosok Zhu juga memiliki kemampuan strategi menyatukan kawasan CIna, sehingga peperangan bisa diredam.

Ekspedisi ke kawasan utara, dimana orang-orang Manggol tersebut angkat kaki dari Cina. Berkat keberhasilan kepemimpinan inilah akirnya dinobatkan kaisar Zhu menjadi Kaisar Hongwu.

Inilah sekilas tentang dinasti tang dan ming. Adapun Peradaban cina terhadap peradaban di Indonesia adalah lewat dagang. Indonesia sejak dahulu banyak ditemukan orang berdarah cina, mereka hidup di Indonesia.

Kebanyakan usaha yang diandalkan mereka adalah dagang. Bahkan kini banyak sekali elektronik buatan Cina yang beredar dipasaran Indonesia. Bisa dikatan Cina sebagai raja elektronik termurah yang mampu membius konsumen di Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Makalah Penguatan Syukur, Sabar dan Istiqomah
Sebelumnya: Tips Menulis Resensi Fiksi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar