Sejarah dan Peninggalan Peradaban Indian Kuno


Peradaban Indian kuno merupakan hasil dari bentuk peradaban yang terletak di sungai Indus, kota Mohenjodaro, dan Harappa. Peradaban ini terdapat di India yang sekarang berada dalam wilayah negara Pakistan. Perkembangan peradaban ini berlangsunng pada tahun 3000 SM hingga 1000 SM.

Bangsa Dravida merupakan bangsa yang mendukung adanya peradaban ini. Ciri-ciri orang Dravida adalah memiliki postur tubuh yang pendek, hidung yang pesek, warna kulit hitam dan rambutnya yang keriting. Bangsa Dravida ini berasal dari Asia Tengah, mendiami daerah-daerah subur di India.

Mata pencaharian bangsa Dravida adalah bercocok tanam dan berdagang. Gandum dan kapas merupakan komoditas utama dari hasil pertanian bangsa Dravida. Pertanian maju dengan pesat karena banyakny daerah subur di sepanjang sungai yang didiami oleh bangsa Dravida.

Perdagangan saat itu juga berkembang dengan pesat. Bangsa Dravida menjalin hubungan perdagangan dengan Sumeria, di lembah Eufrat dan Tigris. Barang-barang yang diperdagangkan adalah permata dan keramik. Perdagangan bangsa Dravida terbilang cukup maju karena mampu menciptakan alat-alat transportasi dan beberapa kerajinan sebagai faktor penunjang perdagangan saat peradaban Indian kuno.

Bangsa Dravida yang juga disebut sebagai penduduk asli India ini menyembah banyak dewa atau politheisme. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penemuan patung-patung untuk menyembah Dewa. Hal ini diperkuat dengan penemuan patung yang mirip Dewa Siwa.

Hasil dari Peradaban yang Maju

Bangsa Dravida meninggalkan hasil peradaban yang bisa dibilang telah maju. Hasil dari kemajuan peradaban peradaban itu antara lain:

  1. Adanya kota Mahenjodaro dan Harappa sebagai kota yang dibangun secara terencana
  2. Rumah-rumah telah dibuat dari batubata
  3. Berdirinya bangunan-bangunan besar yang digunakan untuk pertemuan rakyat
  4. Jalan dibuat dengan ukuran lebar
  5. Terdapat saluran air yang modern
  6. Tercipta kalung emas dan perak yang berhiaskan permat
  7. Ditemukan senjata dari batu dan tembaga
  8. Benda-benda Peninggalan Peradaban

Para arkeolog menemukan benda-benda peninggalan peradaban Indian. Benda-benda itu adalah:

Lempengan tanah persegi yang bergambar binatang dan tumbuh-tumbuhan. Gambar dewa-dewa pada dinding maupun pada keramik. Dewa-dewa yang digambar antara lain dewa air, gambar dewa bertanduk, dewa bumi, dewa langit, dan lain-lain. Terdapat patung-patung dewa sebagai sarana pemujaan. Terdapat patung dewi kesuburan atau yang dikenal sebagai dewi ibu agar tanah-tanah pertanian selalu subur dan bermanfaat bagi kehidupan.

Ada satu hal yang patut dicontoh dari peradaban ini. Bangsa Dravida hidup dalam kedamaian. Mereka tidak menyukai peperangan dan tidak pernah melakukan peperangan. Mereka hidup secara berdampingan dengan rukun dan saling bekerja sama. Ini sudah terbukti dengan peradaban Indian kuno yang telah maju adalah hasil dari kedamaian dan susunan tata ruang yang baik.

Selanjutnya : Profil SBY yang Lengkap
Sebelumnya: Jenis-jenis Suara Vokal Pria dan Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar