Mengenal Peradaban Mekong

Peradaban adalah suatu pola pikir manusia yang menjadi bagian dari sebuah masyarakat yang akan diwariskan ke generasi berikutnya. Peradaban akan terus mengalir dari satu masa ke masa berikutnya. Peradaban juga merupakan asal mula dari sebuah peradaban yang lainnya seperti halnnya peradaban Mekong.

Peradaban antara manusia yang hidup di suatu daerah dengan daerah lainnya tidaklah selalu sama. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal di antaranya pola pikir dan kondisi lingkungan yang ada. Peradaban awal masyarakat dunia ini terbagi-bagi menjadi beberapa peradaban yang ada. Di sekolah, kita juga akan diajarkan mengenai beberapa peradaban lokal yang merupakan awal peradaban dari masyarakat dunia.

Loading...

Peradaban sungai Mekong merupakan peradaban yang berada di sepanjang sungai Mekong. Peradaban ini juga dikenal sebagai sebuah peradaban yang memberikan kontribusi cukup luas bagi perkembangan yang ada di wilayah Asia,  terutama bangsa Melayu.

Peradaban sungai Mekong merupakan sebuah peradaban yang berada di sekitar wilayah sungai Mekong. Sungai Mekong sendiri merupakan sebuah sungai yang cukup panjang dengan aliran yang melalui tiga negara, yakni Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Kesuburan dari aliran lumpur yang dibawa oleh sungai tersebut membuat bangsa yang hidup di sekitar sungai memiliki mata pencaharian bercocok tanam. Tidak hanya itu saja, dalam peradaban ini juga sudah dikenal ilmu perbintangan atau astronomi, dan membuat perahu. Mereka juga telah dikenal sebagai sebuah masyarakat yang telah memiliki sebuah kepercayaan.

Budaya wayang yang kita kenal sekarang ini merupakan hasil dari peradaban masa itu, yakni peradaban animisme dan dinanisme. Mata pencaharian utama sebagai petani yang kesehariannya bercocok tanam padi juga diyakini merupakan sumbangsih  dari peradaban sungai Mekong.

Pusat peradaban dari sungai Mekong adalah Bascon Hoabinh dan Dongson. Meskipun sebelumnya memiliki peradaban mesolitikum, kemudian berkembang menjadi sebuah peradaban baru yakni neolitikum.

Pada masa meolitikum sangat terkenal kapak Sumatera yang merupakan hasil dari peradaban Bascon Hoabinh. Berawal dari peradaban inilah peradaban neolitikum ada yakni peradaban Dongson yang menciptakan kapak perunggu.

Mempelajari sebuah peradaban akan mampu mengarahkan kita menjadi manusia yang lebih beradab. Kita akan tahu siapa dan dari mana kita berasal, seperti belajar peradaban Mekong ini.

Loading...
Selanjutnya : Pengertian Populasi Secara Umum
Sebelumnya: Hasil Utama Benua Australia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar