Ini Dia Peradaban Teknologi China

Sejak zaman dahulu China adalah bangsa yang paling unggul dalam berbagai bidang seperti peradaban teknologi China, sejarah dan budayanya. Bukti sejarah dan keberadaan bangsa China itu sendiri menjadi saksi betapa China adalah bangsa tertua dengan berbagai kemaujan dari zaman ke zaman. China memiliki kebudayaan, kekayaan dan juga letak strategis di benua Asia. Sumber alam China yang berupa bahan tambang atau hasil bumi sangat terkenal sejak dulu. Kawasan tersebut tepatnya berada di daerah Yunan.

Penemuan hasil bumi dan juga perkembangan dari hasil pertanian, bangunan, dan juga majunya perdagangan, lancarnya transportasi tak lepas dari perkembangan teknologi yang terus berkembang di negara China. Tak heran bila sejak dinasti tertua yang berjaya di zamannya, teknologi pengolahan dari bahan alam bisa diolah menjadi perabotan dan alat rumah tangga yang punya nilai jual sangat luar biasa. Banyak peninggalan guci kramik, perhiasan dan benda berharga lainnya yang menjadi asset beberapa negara karena menjadi bagian dari barang antik yang sudah diperdagangkan sejak dahulu kala.

Loading...

Peradaban teknologi China menjadi tempat bersejarah kekaligus tempat tujuan wisata yang paling diminati oleh penduduk dunia adalah Tembok Besar China. (The Great Wall of China) Tembok raksasa dengan panjang 7000 kilometer, lebar 8 meter sedangkan tingginya 16 meter dibangun oleh Dinasti Chin. Butuh waktu ratusan tahun dengan teknologi yang cukup canggih pada masa itu.

Tembok itu terbuat  tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Di tembok besar itu juga dibangun bagian  jalan utama untuk pasukan berkuda Tiongkok. Pembangunan tembok ini jelas melibatkan banyak dinasti. Usaha ini tidak sia-sia karena pada akhirnya tembok ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia di tahun 1987 yang dinyatakan oleh Situs Warisan DuniaUNESCO.

Teknologi di bidang astronomi bangsa China  merupakan bagian dari aktifitas bangsa China mengenai bagaimana mengatur pertanian, pelayaran dan membuat sistem penanggalan dari kalender untuk menentukan musim yang berlaku di dataran China. Teknologi bagaimana meramal masa depan manusia dan masa depan negara. Memilki pengetahuan kapan gerhana matahari atau gerhana bulan terjadi. Informasi pergantian musim yang diperlukan untuk pertanian. Peradaban teknologi yang baik membawa dampak kemajuan bangsa China menjadi bangsa yang unggul.

Karena China kaya akan batu pualam, ditambah dengan perkembangan teknologi yang maju, maka bangsa China bisa membangun sebuah kuil yang megah, terbuat dari batu pualam pilihan dengan atap berlapis tiga. Ternyata tidak hanya kuilnya saja yang megah, istana kaisar pun sangat indah. Dibangunnya istana raja yang super megah dengan teknologi tingkat tinggi semata mata sebagai tanda penghormatan kepada raja atau dinasti yang berkuasa pada saat itu.

Peradaban teknologi China juga membawa kemajuan di bidang tulis menulis. Sejak zaman dinasti Han di tahun 105 Masehi sudah ditemukan teknologi cara membuat kertas.Kertas tersebut terbuat dari bubur kayu yang dicampur dengan lem. Adanya pemersatu komunikasi berupa tulisan menjadikan rasa persatuan dan persaudaraan bangsa China semakin kuat. Penemuan itu kemudian diikuti dengan penemuan lain berupa alat cetak, juga mesin ketik yang sangat sederhana. Sejak itu perkembangan sastra di China berkembang pesat dan juga dikuti oleh perkembangan teknologi lainnya.

Loading...
Selanjutnya : Mengasah Kreativitas Anak dengan Menyusun Cerita Gambar Berurutan
Sebelumnya: Wisata Air Terjun Cibi Cebi Maluku Utara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar