Apa Saja Peralatan Tik Masa Prasejarah

Asap yang keluar dari api unggun adalah salah satu peralatan tik masa prasejarah. Kenapa bisa begitu? Karena, sifat asap yang membumbung tinggi ke udara bisa menandai banyak hal kepada individu atau kelompok lainnya. Misalnya saja, manusia purba membuat api unggun di puncak bukit. Ia sedang memberitahu kawan-kawanya yang tersebar di dalam hutan agar berkumpul di bukit tersebut. Kawan-kawan yang berada di bawah bukit akan segera melihat tanda asap tersebut dan tahu maksudnya.

Zaman prasejarah didefinisikan sebagai masa peradaban manusia yang belum mengenal tulisan. Bisa dikatakan juga era awal kehidupan manusia di Bumi. Era setelah manusia mengenal tulisan disebut dengan zaman sejarah. Perkembangan dari zaman prasejaran ke zaman sejarah di bumi tidak terjadi serempak. Tiap wilayah dan daerah berbeda-beda waktunya.

Kemajuan Peralatan Tik Masa Prasejarah

Untuk alat berkomunikasi antara satu individu dengan individu lainnya masih menggunakan bunyi-bunyian dan pertanda alam. Bunyi-bunyian khas baik dari alat atau suara manusia bisa ditangkap oleh individu-individu lainnya. Pengenalan bunyi-bunyi ini akan membantu manusia purba dalam berburu hewan. Setiap hewan memiliki ciri khas bunyi tertentu.

Manusia purba dapat mengenali wujud hewan tersebut. Dengan demikian, manusia purba dapat merasakan hewan tersebut adalah suatu ancaman atau malah dijadikan sebagai buruan.

Bunyi-bunyian juga dimanfaatkan sebagai alat komunikasi di antara mereka. Antara satu individu dengan individu lainnya membutuhkan interaksi sosial. Salah satunya dengan berbicara yang bisa saling dimengerti arti bunyinya. Misal, saat satu individu terancam, ia akan melonglong yang akan dimengerti oleh kawan-kawan lainnya. Kawan yang mendengar lolongan itu akan segera mendatanginya.

Pertanda Langit, Peralatan Tik Masa Prasejarah Tertinggi

Benda-benda langit memiliki perubahan yang teratur. Manusia purba tentu mengenal benda-benda langit seperti bintang, bulan, dan meteor. Perubahan benda-benda langit itu juga diiringi dengan perubahan musim di bumi. manusia purba tentu berusaha mengenali pertanda-pertanda alam ini. misal, sudut arah matahari terbit selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Perulangan-perulangan pertandan alam ini dihubungkan dengan perubahan musim. Dengan demikian, mereka dapat memperkirakan kapan terjadi musim dingin dan musim panas dari sudut datang matahari terbit.

Bunyi-bunyian dan pertanda alam adalah peralatan tik masa prasejarah yang langsung dimanfaatkan oleh manusia purba. Mereka memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan untuk berburu dan bersosialisasi di antara anggota kelompoknya. Dengan demikian, mereka dapat bertahan hidup dengan ganasnya alam semesta.

Loading...
Selanjutnya : Konsep Pelayanan Prima di Bank
Sebelumnya: Daftar Pemain Jerman untuk Menghadapi Piala Dunia 2014
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar