Mengkaji Peran dan Fungsi Pemerintah dalam Memajukan Kesejahteraan Bangsa di Bidang Ekonomi


Negara-negara di dunia pasti memiliki bentuk pemerintahan yang sesuai dengan kondisi negaranya. Peran dan fungsi pemerintah dalam memajukan kesejahteraan bangsa, khususnya di bidang atau aspek ekonomi, sangat diperlukan di berbagai negara. Jika aspek ekonomi ini berkembang pesat, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap aspek yang lain.

Pengertian Pemerintah

Pemerintah merupakan alat perlengkapan yang dimiliki negara yang mencakup berbagai aparatur negara, yaitu meliputi organ-organ, badan-badan pemerintahan yang melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan negara, yang terdiri atas lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Peran Pemerintah

Peran pemerintah dalam memajukan kesejahteraan bangsa sangat diperlukan. Pemerintah harus terlibat langsung di berbagai aspek kehidupan masyarakat, namun tetap memperhatikan opini masyarakat. Peran pemerintah dalam mengembangkan sumber daya alam perlu dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan bangsa.

Fungsi Pemerintah

Tujuan utama adanya pemerintahan adalah untuk memajukan kesejahteraan bangsa sehingga masyarakat dapat menjalani kehidupan dengan tenteram. Ada tiga fungsi pemerintah yang menyangkut kesejahteraan bangsa, yaitu sebagai berikut.

1. Fungsi Pelayanan

Dalam menjalankan fungsi pelayanan ini, pemerintah pusat dan daerah memiliki fungsi yang berbeda bergantung pada kewenangan masing-masing. Pemerintah pusat cenderung memberikan pelayanan secara umum yang mencakup pelayanan sipil dan publik.

2. Fungsi Pemberdayaan

Fungsi pemberdayaan ini dilakukan pemerintah daerah dalam mengembangkan pengelolaan sumber daya daerah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Fungsi ini juga mendukung otonomi daerah dan meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat.

3. Fungsi Pengaturan

Pemerintah berrhak mengeluarkan suatu aturan untuk mengatur masyarakatnya, yaitu berupa UUD. Fungsi pengaturan dilaksanakan pemerintah dengan pembuatan UUD.

Pemerintah sebagai pelaku ekonomi mempunyai peran besar, khususnya di bidang ekonomi. Ada beberapa fungsi dan peran pemerintah dalam aspek ekonomi yaitu fungsi stabilisasi, alokasi, dan distribusi.

1. Fungsi Stabilisasi

Stabilisasi menuntut pemerintah dalam menstabilkan kebutuhan akan barang dan jasa. Pemerintah harus melakukan suatu tindakan untuk meningkatkan stabilitas ekonomi.

2. Fungsi Alokasi

Pemerintah meyiapkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat sehingga dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

3. Fungsi Distribusi

Pemerintah layaknya seorang agen yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Paparan tersebut menunjukan pentingnya peran dan fungsi pemerintah dalam memajukan kesejahteraan bangsa, khususnya di bidang ekonomi. Pemerintah yang mampu menyejahterakan rakyatnya merupakan pemerintah yang dapat bekerja dan bertanggung jawab dengan baik.

Selanjutnya : Membuat Variasi Makanan Sehat untuk Bayi 10 Bulan
Sebelumnya: Berbagai Sifat Dewasa Dari seekor Anjing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar